Makanan untuk Prostat Sehat

Senin, 19 Januari 2015 - 09:56 WIB
Makanan untuk Prostat Sehat
Makanan untuk Prostat Sehat
A A A
BELAKANGAN penyakit yang berhubungan dengan prostat terus meningkat. Diet seimbang disebut-sebut sebagai salah satu cara alami untuk menurunkan risiko masalah prostat.

Di antara berbagai penyakit yang menyerang prostat, kanker prostat merupakan salah satu yang paling ditakutkan. Kesehatan prostat ternyata sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan.

Ada beberapa makanan yang baik untuk menyehatkan prostat, seperti buah stroberi, blackberry, raspberry yang tinggi vitamin C dan antioksidan. Antioksidan memainkan peran penting dalam tubuh karena mencegah kerusakan dari radikal bebas, molekul yang menyerang selsel sehat, dan dapat berkontribusi terhadap risiko kanker.

Vitamin C juga dapat membantu meringankan gejala jinak hiperplasia prostat dengan mempromosikan buang air kecil dan mengurangi pembengkakan. Memang belum ada bukti definitif bahwa gizi yang baik dapat mencegah masalah prostat, Namun, diet seimbang yang sehat dapat mengurangi risiko tersebut.

“Membiasakan mengonsumsi sayuran dan buah adalah ide yang cerdas menjaga kesehatan, termasuk kesehatan prostat,” kata Chris Mohr PhD RD, ahli gizi untuk New York Times, seperti dilansir EverydayHealth . Dr Mohr merekomendasikan campuran berbagai buah dan sayuran ke dalam smoothie dengan susu dan bubuk protein.

“Blueberry , pisang, susu, bubuk protein, selai kacang, dan es smoothie sempurna dengan banyak rasa dan gizi. Cara pembuatannya pun sederhana,” kata Dr Mohr. Ada sekitar 90 miligram vitamin C dalam satu cangkir stroberi dan sekitar 14 mg dalam satu cangkir blueberry . Sumber vitamin C lainnya adalah buah jeruk, melon, bayam, brokoli, dan mangga.

Bagi kebanyakan pria dewasa, 90 miligram vitamin C dianjurkan setiap hari. Nutrisi lain yang juga baik untuk prostat adalah asam lemak omega- 3. Omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Nutrisi ini juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu penurunan berat badan, dan dapat mengurangi risiko serangan jantung.

“Sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun lalu membahas bagaimana lemak omega-3 memodulasi perkembangan kanker prostat. Modulasi ini kemungkinan terjadi karena efek antiinflamasi, dan akhirnya menghambat pertumbuhan tumor,” sebut Mohr. Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan otak.

“Kacang-kacangan merupakan salah satu yang terbaik yang bisa Anda pilih sebagai camilan, “ kata Mohr. Teh hijau juga dapat membantu dan melindungi pria dari serangan kanker prostat. Manfaat mengonsumsi teh hijau tidak berhenti di situ meskipun teh hijau juga membantu menurunkan kolesterol dan bahkan meningkatkan memori.

Meskipun cara yang jelas untuk mengonsumsi teh hijau adalah dengan menyeduh, ada cara lain untuk menikmatinya. Cara lain untuk menikmati teh hijau adalah mencampurnya dengan smoothie . Buah lain yang baik untuk kesehatan prostat adalah semangka.

Itu karena semangka merupakan sumber yang sangat baik dari lycopene , antioksidan yang memberikan seluruh makanan seperti tomat dan semangka warna. Penelitian menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu risiko kanker prostat yang lebih rendah. Lycopene dapat ditemukan dalam makanan seperti tomat, jeruk, jambu biji, dan pepaya.

Iman firmansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5001 seconds (0.1#10.140)