Sony Xperia Z2 atau LG G3?

Selasa, 20 Januari 2015 - 11:13 WIB
Sony Xperia Z2 atau LG G3?
Sony Xperia Z2 atau LG G3?
A A A
Saya sedang bingung memilih ponsel. Lebih sip Sony Xperia Z2 atau LG G3? Tolong jelaskan. Hasil kameranya lebih bagus yang mana? Fransiskus Runtutalu

Saya ceritakan masing-masing ponsel sepintas dulu ya. Sony Xperia Z2 hadir dengan layar sentuh IPS 5,2 inci atau lebih besar daripada Xperia Z1 yang berlayar lima inci. Meskipun demikian, ukuran bodi Xperia Z2 hanya lebih panjang 2,6 milimeter dibandingkan Xperia Z1. Kok bisa? Sebab, bingkai atau bezel Xperia Z2 lebih tipis. Kalau diperhatikan, fisik Xperia Z2 justru lebih ramping, lebih tipis, dan lebih ringan daripada Xperia Z1.

Xperia Z2 dibekali dua kamera. Kamera utamanya beresolusi 20,7 megapiksel dan dilengkapi fokus otomatis maupun lampu kilat. Ia memanfaatkan sensor Exmor RS 1/2,3 inci 20,7 megapiksel, lensa Sony G 27 mm f/2.0, dan prosesor pengolah gambar BIONZ. Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, spesifikasi kamera Xperia Z2 setara dengan kamera saku digital Sony. Beralih ke LG G3.

Ponsel itu berlayar sentuh IPS 5,5 inci dengan resolusi Quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Sama dengan Xperia Z2, spesifikasi kamera G3 relatif menggiurkan. Kamera di sisi belakang ponsel dibekali lampu kilat ganda dan optical image stabilization plus (OIS+). Kamera beresolusi 13 megapiksel tersebut dilengkapi fokus otomatis laser (laser autofocus). Sehingga, proses pemfokusan objek bisa lebih cepat. Fitur menarik lain di G3 adalah Quick Remote dan Knock Code.

Dengan Quick Remote, pengguna bisa memfungsikan G3 sebagai remote control televisi, set-top box, dan audio. Merek perangkatnya tidak harus LG. Sedangkan Knock Code memungkinkan pengguna membuat kode pembuka layar (unlock screen) berwujud kombinasi ketukan. Tanpa mengetukkan kode yang tepat di layar, biarpun ponsel sukses dinyalakan, layar akan tetap terkunci.

Untuk perlindungan tambahan terhadap privasi pengguna, tersedia fitur content lock dan guest mode. Jadi, lebih baik memilih Xperia Z2 atau G3? Keduanya sama-sama bagus. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saran saya, belilah Xperia Z2 kalau Anda membutuhkan ponsel yang siap diajak berbasah-basah. Ponsel itu juga cocok untuk pengguna yang menyukai foto dengan warna natural dan berefek bokeh (latar belakang objek foto agak kabur).

Sementara itu, G3 tepat dipinang oleh pengguna yang sangat peduli privasi dan ingin membatasi akses masuk ke ponsel. Ponsel tersebut juga cocok untuk pengguna yang menggemari foto dengan warna yang vivid. Vivid? Maksudnya, tampilan warna ”lebih keluar”. Proses pemfokusan kamera G3 terasa lebih cepat daripada Xperia Z2.

Herry Setiadi Wibowo (HSW)
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9141 seconds (0.1#10.140)