Empat Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Kamis, 22 Januari 2015 - 13:23 WIB
Empat Manfaat Tempe untuk Kesehatan
Empat Manfaat Tempe untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Tempe merupakan makanan istimewa yang sering dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang tahu mengenai keistimewaan tempe. Padahal dalam tempe terdapat banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat khasiat pada tempe yang diungkapkan oleh Head Of Food Science and Technology Departemen Ardiansyah kepada Sindonews :

1. Menangkal Radikal Bebas
Kandungan tempe yang banyak mengandung 18 protein ini dan kandungan antioksidan ini dapat digunakan penangkal radikal bebas. Makanan kaya nutrisi dan protein ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mendukung kesehatan tubuh.

2. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi tempe dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menekan kolesterol darah dan glukosa darah. Lantaran kandungan protein yang banyak berada di Tempe dan asam amino yang mudah dicerna tubuh.

3. Mempanjang Usia
Mudah dicerna oleh semua kelompok umur, dari bayi sampai usia lanjut ini merupakan makanan yang sehat akan dapat memperpanjang hidup seseorang. Hal itu terbukti pada masyarakat pedesaan yang berusia lanjut, namun masih kuat bergerak dan jarang terkena penyakit. Mengonsumsi tempe secara rutin dapat menyehatkan tubuh.

4. Dapat Menghaluskan Kulit
Pakar pangan Indonesia saat ini tengah mengembangkan masker muka yang dibuat dari tempe. Masker ini akan berfungsi untuk memolesi muka dengan tempe untuh mencerahkan kulit. Nantinya masker tempe ini jika digunakan secara teratur akan membantu mengurangi keriput pada wajah dan menjadikan kulit muka tampak lebih muda. Selain itu, masker ini juga bisa membunuh bakteri pada kulit wajah yang bisa menyebabkan penuaan dini.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5119 seconds (0.1#10.140)