12 Langkah Kecil untuk Tingkatkan Karier

Sabtu, 24 Januari 2015 - 14:59 WIB
12 Langkah Kecil untuk...
12 Langkah Kecil untuk Tingkatkan Karier
A A A
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan karier, dari cara yang sulit hingga cara yang mudah, tapi jarang dianggap penting bagi banyak orang.

Fokus pada hal-hal besar dan jangka panjang memang sangat dibutuhkan untuk kemajuan karier. Namun, jangan lupa bahwa langkah kecil juga memiliki dampak besar untuk jenjang karier. Berikut 12 hal yang dapat dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan karier.

Lakukan interaksi yang berguna

Carilah seseorang yang Anda kagumi dan memiliki karier baik. Mintalah orang tersebut untuk menjadi mentor Anda. Anda hanya membutuhkan beberapa menit untuk menelepon atau mengirimkan email kepadanya, namun langkah kecil ini dapat mengubah keseluruhan karier Anda.

Minta tambahan pekerjaan

Hanya sedikit karyawan yang meminta tambahan pekerjaan. Meminta tambahan pekerjaan dapat membuat diri Anda lebih menonjol dibandingkan karyawan lain. Agar upaya Anda tidak sia-sia, mintalah pekerjaan yang Anda yakin dapat Anda kerjakan.

Berterima kasih

Mintalah sedikit waktu kepada atasan Anda untuk berterima kasih atas kepemimpinannya yang telah membantu karier Anda. Kebanyakan orang berdiskusi dengan atasan bila memiliki keluhan. Jadi, dengan mengucapkan terima kasih tidak hanya membuat Anda terlihat berbeda dari rekan kerja lainnya, melainkan juga membuat Anda memiliki label sebagai orang yang tepat untuk diajak bekerja sama.

Mengikuti kursus

Cari dan ikuti kelas atau kursus bersertifikat yang dapat menunjang pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan karier. Mengikuti kursus secara tidak langsung akan menunjang langkah karier Anda.

Unduh bahan materi

Jika Anda bekerja dalam sebuah industri yang berasosiasi dengan lembaga lain, mereka kerap memiliki berbagai materi pembelajaran baik dalam bentuk PDF, e-book , atau buku yang dapat Anda beli. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan mengunduh materi-materi tersebut. Ingatlah, pengetahuan merupakan kekuatan besar dalam pengembangan karier.

Perhatikan busana

Banyak orang menilai seseorang dari penampilan. Sediakan beberapa menit pada pagi hari untuk memastikan penampilan Anda rapi. Jika penampilan Anda baik, orang lain akan menilai Anda baik sehingga mereka akan lebih menghargai dan mempercayai Anda.

Pelajari perusahaan Anda lebih jauh

Sisihkan sedikit waktu untuk mempelajari perusahaan Anda secara umum, seperti mempelajari produk dan pelayanan perusahaan, meskipun tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda secara langsung. Seseorang dengan jabatan tinggi diharapkan dapat mengetahui berbagai hal mengenai perusahaan, namun karyawan yang menyisihkan waktunya untuk mempelajari perusahaan akan terlihat lebih menonjol.

Sukarelawan

Pilihlah organisasi yang berguna untuk Anda, dekati anggotanya, dan tawarkan bantuan kepada mereka. Menjadi sukarelawan membuat Anda bertemu dengan berbagai macam orang, yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Orang-orang ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan karier.

Berikan pendapat

Siapkan diri Anda untuk menyuarakan pendapat dan saran pada saat rapat atau dalam diskusi lainnya. Memberikan pertimbangan mengenai suatu isu atau pertanyaan menunjukkan kepedulian Anda dan akan membuat Anda diingat oleh atasan.

Bersikap baik terhadap orang lain

Pilihlah satu orang di kantor Anda, bisa rekan kerja atau supervisor, dan berikan sedikit waktu untuk membantu mereka. Terlepas dari seberapa penting peran orang tersebut sekarang atau nanti dalam memajukan karier Anda, Anda telah memiliki reputasi sebagai orang baik.

Berpidato

Kebanyakan orang takut untuk berbicara di depan umum. Lain kali, ketika Anda memiliki kesempatan untuk berbicara di depan umum, baik dalam presentasi maupun dalam sebuah pertemuan, ajukan diri Anda untuk berpidato. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki jiwa kepemimpinan.

Perbaharui daftar riwayat hidup Anda

Tambahkan ringkasan kualifikasi pekerjaan dalam empat atau lima baris untuk menjual kualitas diri Anda. Ringkasan kualifikasi pekerjaan ini akan memberikan kesan baik dan menarik terhadap daftar riwayat hidup yang dapat membuka banyak jalur bagi jalan karier Anda.

Claudia carla/Salary
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0651 seconds (0.1#10.140)