Tak Rutin Kontrol, Penggunaan Kawat Gigi Bisa Berbahaya

Senin, 02 Februari 2015 - 12:04 WIB
Tak Rutin Kontrol, Penggunaan Kawat Gigi Bisa Berbahaya
Tak Rutin Kontrol, Penggunaan Kawat Gigi Bisa Berbahaya
A A A
JAKARTA - Menjaga kebersihan rongga mulut adalah sebuah kewajiban. Hal ini dikarenakan kebersihan tubuh tercemin dari kebersihan rongga mulutnya. Terlebih, jika menggunakan kawat gigi harus teliti menjaga kebersihan rongga mulut.

Sebab, jika tidak teliti maka akan menyebabkan penyakit di gigi, Apalagi jika tidak rutin memeriksakan ke dokter gigi akan menimbulkan peradagangan di gigi.

"Maksudnya kita biarkan di leher gigi terjadi akan menumpuk makanan, berarti terjadi peradangan gigi. Sehingga longgar dan bisa kita geser, jangan jadi peradangan gigi, mencegah sisa makanan. Ketika sudah proses rata harus diperhatikan kesehatan giginya," ujar Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB PDGI Prof Dr.drg. Melanie Sadono Djamil kepada Sindonews, belum lama ini

Tak hanya itu, menurutnya, jika penggunaan kawat gigi tidak merawat kesehatan makan akan menimbulkan gigi berlubang di sekitar permukaan gigi saat dilepas.

"Kalau dibuka berlubang, nempel disekelilingnya. Setelah 4 tahun memakai jadi harus ditambal, sekelilingnya harus bersih, terlihat setelah perawatan gigi harus bersih nggak boleh ada sisa makanan," jelasnya .

Selain itu, lanjutnya, jika dibiarkan dapat membuat gigi berlubang, kurangnya perawatan gigi pada penggunaan behel akan membuat gigi kembali ke posisi awal sebelum menggunakan kawat gigi.

"Pas udah proses rata harus diperhatikan kesehatan giginya. Kalau tidak saat di lepas akan kembali ke posisi yang nggak lebih baik, akan mencari posisi yang enak di gigi," paparnya

Oleh karenanya, Melanie menganjurkan agar penggunaan kawat gigi harus rutin membersihkan rongga mulut dengan menyikat gigi dengan sikat gigi khusus. Ditambah dengan mengontrol ke dokter gigi sebulan sekali .

"Jadi kontrol ke dokter gigi harus rutin sebulan sekali atau dua bulan sekali, yang penting perawatan di rumah menyikat gigi dengan sikat gigi khusus. Dan juga melakukan kumur, saya pikir ini perlu penekananan pasien-pasien yang mengkawat gigi," tutupnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5555 seconds (0.1#10.140)