Direkam di Smartphone, Berjaya di Festival

Selasa, 03 Februari 2015 - 15:54 WIB
Direkam di Smartphone, Berjaya di Festival
Direkam di Smartphone, Berjaya di Festival
A A A
Tangerine yang diputar perdana di Sundance Film Festival 2015 pekan lalu bercerita tentang dua orang transgender yang berprofesi sebagai pelacur menghabiskan Malam Natal di Los Angeles. Kisah film itu begitu kuat sehingga menerima banyak pujian.

Tapi, yang paling mengejutkan dari Tangerine datang setelah film itu selesai diputar. Sutradara Sean Baker mengatakan bahwa film tersebut disyut sepenuhnya menggunakan iPhone 5s yang dilengkapi Anamorphic Adapter Lens, yakni semacam aksesori lensa untuk membuat gambar video terlihat seperti film layar lebar.

”Gambarnya terlihat sinematik karena kami memakai aplikasi yang disebut Filmic Pro. Kombinasi keduanya justru membuat film ini tampil sangat unik dan berbeda,” kata Sean Baker. Sedari awal Baker memang ingin memfilmkan jalan persimpangan antara Santa Monica Boulevard dan Highland Avenue di Los Angeles yang banyak digunakan sebagai tempat nongkrong kaum transgender. ”Dari situ saya mendapatkan ide cerita dan bertemu dengan pemeran utama Mya Taylor,” katanya.

Menggunakan smartphone justru membuat Baker jadi lebih bebas dalam memfilmkan suasana jalanan. Sehingga ia merasa bisa menangkap suasana jalanan Monica Boulevard dengan lebih nyata. ”Tempat itu sangat dramatis, ribut, tapi juga penuh warna. Sehingga indah ketika di-filmkan,” katanya.

Membuat film lewat smartphone bukan sesuatu yang baru. Sudah dilakukan sejak 2005 oleh banyak sutradara. Marcello Mencarini dan Barbara Seghezzi mensyut film New Love Meetings (Comizi d’Amore) lewat ponsel. Pada 2007, sutradara Afrika Selatan Aryan Kaganof menggunakan Sony Ericsson W900i untuk membuat SMS Sugar Man.

Nokia N8 dipakai sutradara Hooman Kalili untuk mengabadikan film Olive, sementara sutradara Korea Park- Chan Wook mensyut film pendek Paranmanjang (Night Fishing) memakai iPhone 4. Sineas Sascha Ciezata nekad mensyut film When Lynch Met Lucas dengan iPhone karena tidak punya bujet. Tapi, dari situ ia justru mendapatkan banyak kebebasan dalam proses produksi. ”Karena hasilnya bisa dilihat kapan saja, tidak hanya di ruang editing. Seperti memiliki studio di kantong,” katanya.

Film When Lynch Met Lucas menjadi viral di internet. Bahkan sineas Indonesia pun tidak kalah dalam menyemarakkan adopsi teknologi ini. Film layar lebar Cai Lai Gong dari rumah produksi Rexinema disyut menggunakan Galaxy Note. Co-producer Sheryl Sheinafia mengatakan bahwa kualitas video di kamera ponsel sudah semakin mendekati dengan kamera konvensional.

Ia pun ingin membuktikannya. Cai Lai Gong bergenre horror, terinspirasi dari urban legend di Tiongkok. Saat ini festival film internasional yang khusus untuk film smartphone sudah banyak sekali ditemukan dan digelar setiap tahun.

Mulai Toronto Smartphone Film Festival, iPhone Film Festival, Mobile Film Festival, hingga International Mobil Film Festival. Kalau pun tidak percaya diri untuk mengikutkan karya ke film itu, cukup bikin video dan mengunggahnya ke YouTube atau Instagram.

Danang Arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)