Semangat dan Perjuangan Artis Melawan Kanker

Jum'at, 06 Februari 2015 - 10:58 WIB
Semangat dan Perjuangan Artis Melawan Kanker
Semangat dan Perjuangan Artis Melawan Kanker
A A A
Perjuangan para artis Indonesia melawan kanker patut diacungi jempol dan contoh. Di antara mereka begitu semangat melawan penyakit yang mengancam jiwa ini.

Bahkan, tidak sedikit yang berhasil sembuh hingga bisa kembali beraktivitas dengan normal. Untuk bisa memberi semangat kepada masyarakat, khususnya penderita kanker, Ria Irawan dan Julia Perez ditunjuk menjadi duta kanker oleh Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pengukuhan ini bersamaan dengan Hari Kanker Sedunia. Ria Irawan dan Jupe, sapaan akrab Julia Perez, ditunjuk jadi duta lantaran dianggap sukses berjuang melawan penyakit mematikan itu.

“Ini kebanggaan buat saya. Tetapi yang terpenting, menjadi duta adalah tanggung jawab dan tugas kami untuk orang banyak,” kata Ria. Ria menceritakan pengalaman pahitnya menderita kanker getah bening stadium 3. Namun, dia tidak putus asa, tetap bersemangat dan memilih berjuang untuk sembuh meski awalnya bintang film Berbagi Suami ini sempat stres ketika tahu menderita penyakit mematikan itu.

Salah satu usahanya melawan penyakit tersebut, aktris kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969 ini, melakukan kemoterapi. Penyembuhan cara ini membuat rambutnya rontok. Namun, itu bukan masalah untuknya. Dia hanya ingin yang terbaik. Dia pernah mencoba dengan melakukan pengobatan alternatif, tetapi tidak membuahkan hasil. Ria lebih menyarankan masyarakat yang mengalami berbagai masalah penyakit, sebaiknya tidak melakukan pengobatan alternatif, tetapi memeriksakan kepada dokter.

“Para penderita kanker jangan cepat percaya dan takut dengan perkataan orang-orang yang hanya ingin menjatuhkan semangat untuk sembuh. Nah yang jelas, pasien (penderita kanker) harus tetap intensif memeriksakan diri ke dokter ahli. Enggak usah kalian pergi ke alternatif, kemoterapi itu enggak sakit kok. Malah lebih sakit facial karena hidung sakit karena dipencet untuk mengeluarkan komedo,” serunya.

Demikian juga dengan Julia Perez. Dia pernah pengalaman kanker serviks stadium 2A. Namun, dia tidak patah arang. Demi kesembuhannya, mantan kekasih pesepak bola Gaston Castanyo ini warawiri melakukan pengobatan dan operasi hingga Singapura.

Hasilnya, Jupe mengaku sembuh dan bisa beraktivitas dengan normal lagi. Sebelumnya, banyak artis yang terkena penyakit kanker, seperti Titiek Puspa, Rima Melati, dan Diana Nasution.

Thomasmanggalla
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5624 seconds (0.1#10.140)