Tips Mengatasi Jetlag

Sabtu, 07 Februari 2015 - 11:26 WIB
Tips Mengatasi Jetlag
Tips Mengatasi Jetlag
A A A
BAGI para pebisnis, melakukan perjalanan bisnis dengan pesawat terbang adalah hal yang umum terjadi. Namun, perjalanan ini kerap menimbulkan permasalahan jetlag atau kondisi fisik yang tidak fit alias kelelahan yang amat sangat. Bagaimana mengatasinya, berikut tipsnya.

1. Perbanyak minum air putih selama dalam perjalanan dan setelah sampai di tempat tujuan. Jika Anda dehidrasi, akan membutuhkan waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan zona waktu yang baru di tempat tujuan.

2. Tidurlah di pesawat jika Anda sampai di tempat tujuan pada pagi atau siang hari. Namun, cobalah untuk tetap terjaga jika Anda sampai pada petang atau malam hari. Hal ini agar Anda bisa beristirahat atau tidur setelah sampai di tempat tujuan.

3. Jika Anda sampai di tempat tujuan pada pagi hari, cobalah untuk tetap terjaga sepanjang hari. Minum minuman berkafein dalam porsi kecil untuk tetap bangun. Hindari minuman berkafein dalam jumlah besar karena akan mengganggu siklus tidur Anda. Namun jika Anda tetap mengantuk, cobalah untuk tidur siang sejenak saja.

4. Jika Anda sampai di tempat tujuan pada malam hari, cobalah untuk tidur dalam waktu normal Anda. Jadi, jika Anda terbiasa tidur di rumah pada pukul 23.00, tidurlah pada pukul 23.00 di tempat Anda berada sekarang.

5. Jika perjalanan Anda tak sampai 48 jam, usahakan mengatur jadwal rapat sesuai dengan kebiasaan Anda di kantor. Jika waktu di tempat tujuan tiga jam lebih cepat, atur pertemuan menjelang siang atau sore hari setelah Anda beristirahat.

6. Lakukan olahraga pada pagi hari dan berjemur sinar matahari. Hal ini untuk membuat Anda tetap merasa berada di zona waktu normal Anda.

7. Jangan makan terlalu banyak saat Anda berada pada waktu makan yang pertama di zona waktu yang baru. Namun, siapkan camilan jika makan malam Anda pada waktu normal ada pada waktu tengah malam di zona waktu yang baru.

8. Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri di zona waktu yang baru. Jika Anda teramat lelah, bolehlah tidur siang selama satu jam.

(Herita/Ehow)
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4876 seconds (0.1#10.140)