LG Pamerkan Konsep Rumah Pintar

Selasa, 10 Februari 2015 - 11:30 WIB
LG Pamerkan Konsep Rumah...
LG Pamerkan Konsep Rumah Pintar
A A A
Mungkin konsep telepon pintar lebih akrab ditelinga masyarakat Indonesia dibanding konsep rumah pintar. Meski demikian, ternyata konsep rumah pintar saat ini sedang gencar-gencarnya diusung oleh berbagai vendor elektronik. Salah satunya, LG.

Dengan mengusung konsep perangkat elektronik rumah tangga yang terkoneksi dengan jaringan internet, LG memperkenalkan produk-produk terbarunya dalam gelaran LG Innovation Festival (Innofest) 2015. Acara bertemakan “Innovation For Better Life” di Kota Kinabalu, Malaysia, tersebut memamerkan produk LG terbaru yang juga merupakan bagian dari perangkat rumah pintar.

“Tahun ini kami berulang tahun yang ke 57 tahun. Acara ini menjadi kesempatan kami menampilkan berbagai macam produk elektronik untuk mitra regional dengan inovasi teknologi serta pemenuhan kebutuhan konsumen,” ujar Perwakilan LG Electronics Asia Chris Yi. LG, menurut Yi, tidak saja berupaya mempercanggih produkprooduknya. Namun juga memahami apa yang dibutuhkan pelanggan untuk membuat kehidupan mereka lebih mudah.

“Produk-produk kami nantinya tidak saja memenuhi keinginan pelanggan tapi melampaui apa yang diharapkan. Hal itu kami penuhi dengan teknologi terbaru, desain yang indah dan mudah digunakan,” kata dia. Untuk mendukung konsep rumah pintar, LG meluncurkan produk-produk seperti 4K LG OLED TV, AC LG Artcool Inverter V, LG CordZero untuk penyedot debu, Kulkas LG Door-in-Door, LG Music Flow, serta mesin cuci Twin Wash.

Lebih lanjut, General Manager Smart Business Centre LG, Eugene Yoo, menilai pihaknya terus berinovasi tidak hanya pada teknologi di setiap item produk elektronik. Akan tetapi juga terus mengembangkan bagaimana agar setiap produk elektronik saling terhubung satu sama lain.

“Kami terus berusaha mengembangkan konektivitas ini yang nantinya dapat terhubung dan dapat dikontrol menggunakan ponsel. Inilah bagaimana sebuah rumah pintar bekerja,” kata dia. Menurut dia, konsep rumah pintar memberi nilai lebih bagi para pelanggan LG. Pasalnya pelanggan diberikan kemudahan dalam mengontrol peralatan elektronik dirumahnya dan hanya dikendalikan melalui satu tombol saja.

Konsep ini dapat dengan mudah mengontrol peralatan elektronik dimanapun berada. Misalnya mematikan perangkat elektronik, alat keamanan, serta mengunci rumah secara otomatis. Tidak hanya terkoneksi dengan telepon pintar, sesama peralatan elektronik juga saling terhubung. Misalnya TV, AC, microwave, sound system, kulkas hingga mesin cuci terhubung satu sama lain.

“Seperti LG OLED TV dapat terhubung dengan mesin cuci. Jika Anda sedang menonton televisi, maka akan ada notifikasi dari mesin cuci yang mungkin baju telah kering. Atau microwave sudah matang,” ujar Staf Home Entertaiment Company LG Electronics, Elysia Chang.

Elysia mengatakan dalam konsep rumah pintar terdapat aplikasi khusus yang bernama home chat network. Aplikasi ini memungkinkan untuk bisa chatting dengan mesin cuci atau kulkas jika ingin menyalakan atau untuk mematikannya perangkat elektronik. “Perlu koneksi internet yang baik agar semuanya berjalan,” katanya.

Butuh Waktu

Meski menawarkan kemudahan, namun rumah pintar nyatanya tidak serta merta dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Pasalnya tidak stabilnya koneksi internet di Indonesia menjadi kendala penerapan rumah pintar. “Koneksi itu kendalanya,” ujar Sales Director LG Electronics Indonesia, Budi Setiawan.

Budi mengatakan dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk dapat menerapka rumah pintar. Namun dia cukup optimis bahwa nantinya rumah pintar dapat dinikmati pelanggannya di Indonesia. Meski begitu LG secara perlahan akan memperkenalkan konsep rumah pintar di Indonesia.

Walau dalam kalangan terbatas yakni menengah ke atas. "Kami juga akan memulai dengan role model rumah pintar, dimana satu perangkat elektronik terkoneksi dengan perangkat lainnya," katanya.

Dita Angga
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4425 seconds (0.1#10.140)