Bersihkan Kuku dengan Cara Alami

Senin, 16 Februari 2015 - 09:10 WIB
Bersihkan Kuku dengan Cara Alami
Bersihkan Kuku dengan Cara Alami
A A A
SEBAGAI perempuan perkotaan, keindahan kuku menjadi salah satu hal yang wajib menjadi perhatian.

Salah satu caranya adalah dengan mempercantik tampilan kuku jari menggunakan cat kuku. Tak heran, banyak perempuan senang menggunakan cat kuku dan selalu berganti-ganti warna pada waktu tertentu. Warna cat kuku biasanya dihilangkan dengan aseton. Namun, berdasarkan penelitian dari Emergency Planning and Community Right to Know Act (EPCRA), yang dilangsir dari situs Epa.gov ternyata aseton memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh.

Efek samping dari penggunaan aseton pada kuku bisa mengakibatkan iritasi mata, sakit kepala, bahkan iritasi paru-paru. Kim D’Amato, seorang ahli kuku dari New York, mengingatkan untuk selalu menggunakan base coat sebelum melapisi kutek untuk mencegah kuku kering. Selain karena penggunaan aseton, jamur, merokok, atau masalah kesehatan, kerusakan kuku juga bisa disebabkan penggunaan kutek berlebihan.

Mengelupas kutek secara sembarangan juga tidak disarankan oleh Kim D’Amato. Ia menyatakan bahwa apabila hal itu dilakukan, sel pada kuku akan tumbuh melenceng sehingga tumbuh ke arah yang salah dan menyebabkan kuku pecah-pecah. Untuk menghapus cat kuku, tidak perlu ambil risiko dengan menggunakan aseton yang dapat menimbulkan efek samping yang merugikan.

Dengan cara alami pun, seseorang dapat membersihkan cat kuku dengan mudah. Misalnya saja membersihkan kuku dengan air hangat. “Caranya adalah dengan merendam kuku ke dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit karena air hangat memang berfungsi melunakkan kembali cat kuku yang telah mengeras sehingga cat kuku tersebut mudah mengelupas dan mudah dibersihkan.

Setelah cat kuku lunak, kemudian segera menggosokkannya dengan handuk kering,” tutur Kim D’Amato seperti dilansir dari Popsugar.com. Bahan alami lainnya adalah lemon. Kim D’Amato menyebutkan, lemon dapat menghapus cat kuku tanpa menimbulkan efek samping kepada pemakai. Caranya adalah dengan memotong lemon, kemudian digosokkan ke kuku secara perlahan.

Setelah itu, kuku dapat direndam ke dalam air sabun selama tiga hingga enam menit untuk melunakkan kuku dan kemudian digosokkan kembali dengan irisan lemon. Selain itu menggunakan cuka. Caranya adalah dengan mengambil kapas dan mencelupkannya ke dalam cuka, lalu digosok secara perlahan hingga cat yang terdapat pada kuku mulai memudar.

Gosok terus hingga kuku bersih kembali . Namun, jika menggunakan cuka akan memakan waktu yang lama untuk membersihkan kuku secara sempurna. Tentunya setelah membersihkan kuku dengan cuka, kuku juga akan berbau cuka.

Bau tersebut dapat dihilangkan dengan cara mengoleskan jus jeruk maupun lemon sehingga kuku menjadi benar-benar bersih.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6625 seconds (0.1#10.140)