Ini Tradisi di Perayaan Tahun Baru Cina

Rabu, 18 Februari 2015 - 11:15 WIB
Ini Tradisi di Perayaan Tahun Baru Cina
Ini Tradisi di Perayaan Tahun Baru Cina
A A A
TAHUN Baru Cina atau Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Manfaatkanlah momen tersebut untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Seperti yang dikutip dari Punchbowl, berikut adalah beberapa tradisi dalam perayaan Tahun Baru Cina.

- Dekorasi
Dalam budaya Cina, hari Imlek kerap dilambangkan dengan warna merah dan emas. Merah menandakan keberuntungan dan energi, sedangkan warna emas dianggap dengan kekayaan dan kebahagiaan. Gunakanlah kedua warna ini dalam mendekor rumah Anda atau gunakan pakaian dengan warna senada untuk merayakan Imlek bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Selain menggunakan warna merah dan emas, dekorasi khas Imlek juga kerap menggunakan lampu gantung atau lampion yang juga dengan warna merah dengan ornamen huruf Cina berwarna emas. Lampion ini dilambangkan sebagai bulan purnama di langit.

Petasan tradisional yang dibungkus dengan kertas merah juga merupakan tradisi di perayaan Imlek. Petasan kemudian dinyalakan sehingga menghasilkan ledakan keras yang bertujuan untuk menakut-nakuti setiap roh jahat yang mungkin berada di sekitar.

Ini Tradisi di Perayaan Tahun Baru Cina


- Makanan
Makanan dalam porsi besar bersama keluarga adalah hal yang paling sering ditemui saat perayaan Tahun Baru Cina, baik di rumah maupun di restoran. Menu wajib yang selalu ada saat hari besar seperti ini adalah mi. Menurut tradisi Cina, karena bentuknya yang panjang mi dianggap sebagai tanda umur panjang.

Selain mi, perayaan Imlek juga sarat akan menu ikan. Makanan yang dianggap sebagai keberuntungan ini biasanya disajikan utuh, termasuk kepala dan ekor. Hal ini merupakan sebuah pengharapan bahwa tahun mendatang akan diawali dan diakhiri dengan kebahagiaan dan kemakmuran. Ikan yang disajikan biasanya dikukus dengan saus kacang hitam agar tidak menghilangkan rasa segar dari ikan tersebut.

Ada pula jeruk. Jeruk Mandarin juga sangat populer pada perayaan Tahun Baru Cina. Biasanya antar keluarga saling bertukar jeruk sebagai harapan akan keberuntungan di tahun mendatang.

Ini Tradisi di Perayaan Tahun Baru Cina


- Perayaan
Tradisi perayaan yang paling khas adalah tarian Barongsai dan Angpao atau amplop berwarna merah yang diisi dengan sejumlah uang.

Tarian Barongsai biasanya dilakukan dengan dentuman drum yang kuat yang merupakan symbol menyambut tahun baru. Tarian ini bertujuan untuk mengusir kesedihan dan melawan sakit serta mengharapkan keberuntungan.

Sedangkan Angpao juga disimbolkan sebagai bentuk keberuntungan yang terus mengalir dalam keluarga. Biasanya pasangan suami istri atau orang tua memberikan kepada anak-anak mereka atau saudara yang belum menikah. Tak hanya uang, terkadang koin coklat juga dapat ditemukan di dalam Angpao tersebut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6215 seconds (0.1#10.140)