Tradisi Imlek Artis

Jum'at, 20 Februari 2015 - 09:39 WIB
Tradisi Imlek Artis
Tradisi Imlek Artis
A A A
PERAYAAN pergantian tahun dalam kalender China atau dikenal dengan Imlek merupakan momen yang ditunggu masyarakat Tionghoa.

Tradisi turun-temurun yang biasa dilakukan, seperti menghias rumah dengan ornamen dan menyajikan makanan khas Imlek. Beberapa artis seperti Alena Wu, Olga Lydia, dan Dominique menyambut gembira pergantian tahun tersebut. Tradisinya tidak hanya menghias rumah, membuat makanan khas, juga berdoa, makan bersama keluarga besar, dan bagi-bagi angpao.

Semua itu dilakukan demi mendapatkan halhal positif dan baik selama satu tahun ke depan. Di keluarga Alena, Imlek identik dengan kebersamaan keluarga dan menabung. Bahkan, hingga sekarang, penyanyi bersuara merdu ini terus menjaga tradisi tersebut.

Istri musisi Popo Fauza ini mengaku Imlek sama seperti umat muslim yang memanfaatkan momen Lebaran untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga besar. Ibu dari Neo Kolla Fauza ini pun merasakan Imlek menjadi sangat penting untuk mempererat persaudaraan.

“Imlek buat aku, dan pastinya waktu untuk menyanyi karena memang setiap malam Imlek selalu ada job. Demikian pada Imlek tahun ini,” kata Alena saat merayakan Imlek di kediamannya di kawasan Karawaci.

Sama halnya dengan Olga Lydia. Presenter dan model ini selalu merayakan Imlek dengan berkumpul bersama keluarga besar. Bedanya, Imlek yang identik dengan bagibagi angpao, nyatanya tidak menjadi tradisi yang harus dijalani dalam keluarga besarnya.

Olga mengaku dari kecil jarang sekali mendapat amplop berwarna merah berisi uang dari saudara-saudaranya. Namun, setiap Imlek, mereka selalu pergi makan bersama. Tradisi itu yang tidak pernah ditinggalkannya.

“Angpau? Enggak juga, beberapa tradisi enggak diikuti. Jujur ya, kalau dapat atau bagi-bagi angpao , dari kecil saya enggak pernah dapat. Cuma yang pasti ada perayaan, jadi kadang-kadang saya undang keluarga besar main ke rumah atau Ayah sowan ke saudara-saudaranya. Intinya makan-makan dan kebersamaan dalam keluarga,” tutur Olga.

Kemarin, Olga makan bersama keluarga besarnya. Tradisi yang dijalani perempuan kelahiran, 4 Desember 1976, ini menyantap makanan wajib Imlek, yakni ikan. Dalam tradisi China, ikan merupakan lambang keberuntungan.

“Terus ada makanan pembuka dan makanan itu sebenarnya ikan dan ikan itu kan lambang keberuntungan di China. Jadi, kami makan ikan, sayuran, terus berdoa ketika menuang makanan ke piring agar selalu beruntung,” beber perempuan yang sibuk menjadi duta Komodo ini.

Soal keberuntungan yang akan didapat selama satu tahun ke depan, Olga mengaku cukup seru mengikuti tradisi yang sudah ada sejak dulu. “Seru sih, kalau buat saya, tradisi baik yang diikuti,” katanya. Model cantik Dominique pun menjawab serupa. Imlek menjadi waktu yang paling tepat untuk bercengkerama dengan keluarga besar.

Rutinitas kegiatan yang dilakukan, seperti bagi-bagi angpao dan tradisi makan sup misoa. Menurut dia, mengonsumsi sup misoa bisa membuat panjang umur.

Thomasmanggalla
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7257 seconds (0.1#10.140)