Cantik dengan Produk Organik

Senin, 23 Februari 2015 - 09:19 WIB
Cantik dengan Produk Organik
Cantik dengan Produk Organik
A A A
PRODUK kecantikan wajah kini berkembang tak hanya untuk mempercantik, tapi juga untuk merawat wajah. Karena itulah, kini mulai berkembang produk kecantikan organik atau yang berasal dari tumbuhan alami.

Pada dasarnya semakin sering seorang wanita menggunakan tata rias maka semakin rentan pula wanita tersebut akan mengalami kerusakan kulit, karena sebagian besar bahan dasar tata rias adalah zat kimia. Seiring berjalannya waktu, kulit wajah akan mudah teriritasi dan kondisinya tidak lagi prima. Karena itulah kulit membutuhkan nutrisi dan dirawat agar tetap dalam kondisi prima.

“Apabila tidak diberi asupan nutrisi, jangan heran kalau kondisinya tidak bagus. Perawatan bukan berarti menunggu kondisi kulit memburuk sampai harus merawatnya, tapi justru karena dalam kondisi bagus maka harus dijaga sehingga kita tidak membutuhkan banyak produk untuk merawatnya.” tutur dr. Amaranila Lalita Drijono,Sp.KK, seorang dermatologis.

Jika kulit tidak dirawat, selain kulit tidak mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan, kotoran, sisa tata rias dan kulit mati akan menumpuk pada permukaan kulit sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah.

Maka tak heran saat ini mulai berkembang tata rias berbahan organik yang tidak hanya memiliki fungsi dekoratif tetapi juga merawat dan menutrisi kulit wajah. Tata rias organik terbuat dari tumbuh- tumbuhan dan bahan-bahan alami yang dibudidayakan secara organik.

“Yang dimaksud organik di sini adalah metode budidaya yang sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia seperti pestisida, herbisida, maupun insektisida serta tidak menggunakan bahan-bahan kimia seperti mineral oil, bahan kimia sintetis, paraben, dan bahan kimia lainnya.” tutur Mitsu Basi, seorang seniman tata rias profesional (professional make up artist) asal Jepang yang ditemui dalam peluncuran produk tata rias Three di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Produk tata rias organik yang sudah tersertifikasi lebih unggul dibanding jenis-jenis tata rias lainnya. Tata rias organik sama sekali tidak mengandung bahan-bahan beracun (toxic free), kaya akan kandungan vitamin, mineral, minyak esensial yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Mitsu menjelaskan, tujuan dibuatnya tata rias organik adalah diperuntukkan oleh orang yang memiliki kulit yang sensitif seperti rosacea, ezcema, dan kulit berjerawat.

Kulit sensitif sangat mudah mengalami alergi sehingga sebaiknya pilihlah produk-produk yang tidak banyak mengandung bahan-bahan kimia. “Bagi Anda yang ingin mencoba make up organik, pastikan lagi untuk melihat komposisi dari produk tersebut. Karena masih ada beberapa produk make uporganik yang tidak sepenuhnya organik atau masih tercampur dengan bahan-bahan kimia. Pastikan bahwa produkmake up organik Anda terbuat dari 100% dari tumbuhan organik.” tambah Mitsu.

Tata rias organik dapat meminimalkan terjadinya iritasi. Kelebihan lainnya adalah kandungan bahan alami cenderung cepat diserap tubuh. Oleh sebab itu, hasil nyata akan lebih cepat terlihat. Mitsu menjelaskan, nilai lebih lainnya yaitu semua ekstrak tumbuhan pada dasarnya mengandung aneka vitamin dan zat antioksidan 40% lebih banyak dari senyawa kimia.

Seperti yang kita tahu, zat antioksidan sangat penting karena berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan kulit dan berisiko menimbulkan kanker. Salah satu produk tata rias yang mengusung konsep organik adalah Three.

Label kosmetik asal Jepang yang diluncurkan pada bulan Februari 2008 ini hadir secara eksklusif untuk pertama kali di Indonesia. Three mengusung tata rias organik dengan konsep “New Attitude for Being Natural” dengan mengusung 3 esensi penting dalam komunikasi labelnya yaitu Natural, Honest, and Creative.

Dalam Numerologi Three atau 3 adalah skin care + make up sama dengan Three. Penggabungan antara keduanaya membedakan Three dari label sejenis lainnya.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5903 seconds (0.1#10.140)