Birdman,Film Terbaik

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:06 WIB
Birdman,Film Terbaik
Birdman,Film Terbaik
A A A
BIRDMAN akhirnya menjadi film terbaik dan mendominasi dengan 4 trofi di ajang Academy Awards 2015 yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, kemarin.

Sementara, Julianne Moore terpilih sebagai aktris terbaik dan Eddie Redmayne menjadi aktor terbaik.Film Birdman mampu berbicara setelah bersaing ketat dengan Boyhood, American Sniper, The Grand Budapest Hotel, The Imitation Game, Selma, The Theory of Everything, dan Whiplash .

Film itu memang sudah diprediksi menang setelah berhasil membawa pulang piala di ajang Screen Actors Guild (SAG ) Awards pada akhir Januari lalu. Keberhasilan Birdman ini tidak lepas dari peran sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu yang sukses menggabungkan tema superhero dengan drama psikologis dan komedi satire. Film ini diangkat dari cerita pendek karya Raymond Chandler yang mengisahkan seorang aktor egosentris yang masa jayanya telah usai dan ingin kembali meraih ketenarannya dengan bermain menjadi superhero, sama seperti dahulu kala.

Dia mencoba menjadi pemain broadway , berbagai intrik seru mewarnai perjalanannya. Pemain lainnya, seperti Emma Stone, menjadi anak sekaligus asisten yang baru saja keluar dari rehabilitasi. Film Birdman menjadi hal baru bagi Innaritu yang terbiasa membuat film drama serius yang kerap berhubungan dengan kematian. Namun, dia sukses membuktikan bahwa dirinya mampu membuat film drama komedi yang mengajak banyak bintang terlibat di dalamnya.

Saat film ini diumumkan menjadi best picture , Inarritu beserta para pemain, yakni Michael Keaton, Naomi Watts, Zach Galifianakis, dan Emma Stone tersenyum lebar saat naik ke panggung untuk menerima penghargaan. “Semua pekerjaan ini membuat film tidak bisa dibandingkan, tidak bisa diberi label, tidak dapat dikalahkan, dan pekerjaan kami hanya dapat dinilai selalu oleh waktu,” bebernya.

Selain best picture , Birdman juga meraih best director, best cinematography, dan best original screenplay. Empat penghargaan yang diperoleh Birdman ini juga diikuti film The Grand Budapest Hotel. Film komedi ini meraih best original score, best makeup & hairstyle, best costume design , dan best production design. Sementara, film Whisplash hanya mampu membawa pulang tiga penghargaan untuk best sound mixing, best film editing, dan best supporting actor. Untuk aktor terbaik diraih Eddie Redmayne, pemeran Stephen Hawking dalam film The Theory of Everything.

“Terima kasih kepada Academy , saya tidak berpikir saya mampu mengartikulasikan apa yang saya rasakan sekarang. Saya berjanji akan menjaganya. Saya akan memoles dia (Piala Oscar),” kata Eddie sambil mengangkat piala warna emas tersebut. Untuk aktristerbaik diraih artis senior Julianne Moore yang tampil memukai di film Still Alice . Penghargaan ini menjadi penting untuknya.

Sebelumnya, aktris berusia 54 tahun ini hanya masuk nominasi. Namanya sudah empat kali masuk daftar nominasi dan baru kali ini wajahnya begitu sumringah. Dengan haru, dia berterima kasih kepada seluruh tim produksi film dan memberi penghormatan kepada para pejuang penderita alzheimer.

“Begitu banyak orang dengan penyakit ini merasa terisolasi dan terpinggirkan. Dan salah satu hal indah tentang film adalah bahwa hal itu membuat kita merasa dilihat dan tidak sendirian. Orang dengan alzheimer layak untuk dilihat. Jadi kita bisa menemukan obat,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Pemenang lainnya yang bisa tersenyum lebar, di antaranya Patricia Arquette yang berhasil mendapatkan best supporting actress dalam film Boyhood , aktris senior Meryl Streep (Into the Woods ) dan John Legend dengan Glory menjadi lagu tema film Selma yang meraih best original song.

Ananda nararya
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7142 seconds (0.1#10.140)