Kosmetik Berbahan Teh Hijau

Rabu, 25 Februari 2015 - 10:58 WIB
Kosmetik Berbahan Teh Hijau
Kosmetik Berbahan Teh Hijau
A A A
TEH HIJAU dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya bagi perawatan kulit wajah. Teh hijau diproses dengan oksidasi minimum sehingga warna hijaunya tetap bertahan.

Teh hijau juga kaya antioksidan alami yang sangat kuat, yaitu polifenol. Polifenol inilah yang bermanfaat untuk menangkal bakteri jahat serta radikal bebas yang menjadi faktor penyebab penuaan kulit.

“Banyak manfaat yang terkandung dalam teh, salah satunya antioksidan. Kelompok antioksidan yang terkandung dalam teh adalah polifenol, flavonoid, dan katekin. Semua itu dapat melindungi dari efek radikal bebas yang merupakan salah satu faktor penyebab penuaan pada kulit,” tutur Dr Jurgen Klein, seorang dermatologis, dikutip dari dailymail.co.uk.

Molekul-molekul radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit hingga bagian dalam, menghambat aliran oksigen ke kulit, serta menghambat pertumbuhan kolagen. Padahal, zat-zat seperti oksigen dan kolagen itulah yang berperan penting dalam menjaga kekenyalan kulit serta menjaganya agar tampak selalu muda.

Teh hijau juga mengandung proanthocyanidins oligomer (OPC) tingkat tinggi, yaitu suatu jenis antioksidan kuat yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dini secara internal. “Selain sebagai antioksidan, teh hijau juga mengandung katekin yang tinggi. Katekin inilah yang terdapat pada teh yang tidak teroksidasi.

Proses oksidasi akan mengubah katekin menjadi theflavin dan thearubigin. Teh hijau juga mengandung zat epigallocatechin-3gallate (EGCG) yang bermanfaat ampuh untuk mematikan sel-sel kanker degeneratif,” tutur Ratna Somantri, Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia dalam peluncuran Gaia Tea and Cakes Boutique, di kawasan Kemang, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Teh hijau yang kaya manfaat ternyata juga dapat dikombinasikan dengan berbagai kandungan alami lainnya.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)