Menyiasati Bad Hair Day

Senin, 02 Maret 2015 - 10:12 WIB
Menyiasati Bad Hair...
Menyiasati Bad Hair Day
A A A
BANYAK wanita yang melakukan teknik penataan rambut, seperti catok, curling iron , pewarnaan, blow, dan sebagainya. Padahal, teknik-teknik tersebut bisa menyebabkan bad hair day .

Bad hair day jika diterjemahkan bebas sebagai “hari saat rambut terlihat sangat buruk”. Selain teknik penataan rambut yang beraneka ragam, bad hair day juga paling sering terjadi ketika salah potong rambut dan setiap bangun tidur pada pagi hari. Bangun kesiangan dan tak sempat lagi keramas juga menjadi salah satu faktor bad hair day .

Akhirnya, rambut yang sudah lepek diikat menjadi ponytail . Lalu mereka segera bergegas menuju kantor. Akibatnya, rambut bukannya terlihat rapi dan cantik, malah menjuntai-juntai di sekitar telinga dan tengkuk.

“Sebagian besar wanita akan turun rasa percaya dirinya apabila mendapati rambut mereka berantakan sepanjang hari. Jika rasa percaya diri kurang, hal ini akan berakibat pada buruknya performa kegiatan atau pekerjaan kantor,” tutur psikolog Tara Adhisti de Thouars BA M Psi.

Tara menjelaskan, jika seorang wanita mengalami bad hair day , hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Setelah menenangkan diri, ada baiknya wanita melakukan hal-hal, misalnya menguncir rambut. Menguncir rambut adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk mengatasi hal ini.

Selain itu, bad hair day juga dapat diatasi dengan memakai aksesori rambut. Aksesori rambut seperti jepit rambut atau bando akan mengalihkan perhatian orang dari rambut yang berantakan. Cara lain yang paling cepat untuk mengatasi bad hair day adalah dengan mengenakan scarf atau topi.

Pilihlah scarf atau topi yang sesuai dengan gaya favorit, pakaian yang akan dikenakan, dan tentunya acara yang sedang dihadiri. Bad hair day juga biasanya dialami seorang wanita yang memiliki rambut kering dan rusak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya perawatan rambut.

Padahal, dengan rajin merawat rambut, mereka tidak akan mengalami bad hair day lagi. Perawatan rambut yang paling sederhana adalah pemakaian sampo. Menurut Yuko Yamashita, penata rambut asal Jepang, sampo adalah produk pertama yang memberikan perawatan kulit kepala dan rambut.

Nutrisi yang terkandung di dalam sampo akan meresap menuju akar rambut dan merata ke seluruh batang hingga ujung rambut. Sayangnya, banyak wanita yang salah memilih sampo untuk rambutnya. “Sampo yang akan membuat rambut jadi indah adalah yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut serta tidak membuat rambut jadi terasa kering atau bercabang,” tutur Yuko. Selain menggunakan sampo, setiap wanita juga sebaiknya memakai conditioner .

“Pemakaian conditioner sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambut dan kebutuhan. Conditioner dapat memberikan perlindungan lebih maksimal, terutama pada batang rambut agar terlapisi dan tidak sampai kehilangan kelembapan ketika teraplikasi produk penata rambut,” tutur Shean Lim, Hair Care & Color Senior Technologist P&G Asia Pacific. Jadi, jangan takut dengan bad hair day !

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0770 seconds (0.1#10.140)