Ini Alasan Gigi Geraham Sulit Dibersihkan

Kamis, 05 Maret 2015 - 14:12 WIB
Ini Alasan Gigi Geraham Sulit Dibersihkan
Ini Alasan Gigi Geraham Sulit Dibersihkan
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang mengeluh sulitnya untuk membersihkan gigi geraham. Sehingga, gigi geraham sering mengalami masalah. Namun tahukah Anda kenapa gigi geraham sulit dibersihkan?

Ahli Konservasi Gigi FKGUI Dr. drg. Ratna Medyawati SpKG (K) menjelaskan, gigi geraham tergolong unik. Letaknya yang dibelakang dan memiliki banyak celah, sehingga membuat gigi geraham sulit untuk dibersihkan.

"Gigi belakang itu unik. Tempatnya di belakang dan susah dibersiin. Itu sering berlubang karena sisa makanan. Gigi geraham anatominya sulit, karena banyak celah," paparnya.

Menurut Ratna, letaknya yang berada dibelakang, membuat gigi geraham mudah terkena plak. "Gigi geraham letaknya di ujung dan tumbuh paling lama. Karena terpapar banyak makanan serta susah diberisihkan dari sisa makanan, dapat menimbulkan plak yang bersifat lunak," ujar dia.

Lebih lanjut Ratna menambahkan, akumulasi plak dapat meningkat karena terjadinya fermentasi karbohidrat oleh bakteri asidogenik, sehingga menghasilkan plak yang sifatnya asam. Akumulasi plak gigi dan gigi berlubang dua kali lebih sering ditemukan pada gigi belakang.

"Kita sering makan karbohidrat yang mudah nempel di gigi, sehingga memengaruhi karies gigi. Gigi bagian belakang dua kali lebih besar atau 85% terkena karies dengan alasan anatomi dan giginya lama tumbuh," pungkasnya.

Data karies 2013 menyebutkan, tingkat keparahan karies di Indonesia untuk usia di atas 12 tahun mencapai nilai DMFT sebesar 4,6. Artinya rata-rata orang Indonesia mempunyai empat masalah gigi tiap tahunnya. Seperti empat gigi berlubang, empat gigi ditambal atau empat gigi yang dicabut.

Untuk membersihkan plak plak bisa dengan sikat gigi teratur dengan empat cara, yaitu tergantung dari faktor waktu, bentuk, ukuran sikat gigi dan cara benar sikat gigi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2866 seconds (0.1#10.140)
pixels