Menjaga Inbox Email Tetap Bersih

Sabtu, 07 Maret 2015 - 08:54 WIB
Menjaga Inbox Email Tetap Bersih
Menjaga Inbox Email Tetap Bersih
A A A
Melihat inbox email yang penuh memang tak menyenangkan. Untuk mengeceknya satu per satu tentu sangat membuang waktu. Namun jika langsung dibuang juga sayang, karena bisa jadi ada email yang isinya penting atau berguna di lain waktu.

Atau Anda sudah berniat untuk membersihkan inbox email Anda, tapi niat tersebut tak kunjung dilakukan. Nah, agar tak repot dengan inbox yang penuh, ada baiknya Anda segera memperhatikan dan menjalankan langkah-langkah berikut ini.

Jangan sampai meng-scrolling

Jika Anda sampai harus mengscrollingmouseuntuk mengecek seberapa banyak inbox emailAnda, tandanya Anda harus segera membereskan inbox email. Ini bisa memberi sugesti positif bagi semangat kerja Anda.

Baca dan lakukan aksi

Jika menerima emailbaru, segeralah dibaca untuk memastikan apakah email tersebut penting untuk Anda atau tidak. Jika Anda tak sempat membaca dengan teliti, cukup baca dengan cepat atau sekilas saja. Setelah itu tentukan sikap, apakah Anda akan menghapusnya atau menyimpannya.

Jika penting, buat filekhusus

Jika emailyang diterima Anda anggap penting, simpan di filekhusus di komputer. Entah itu emailyang berhubungan dengan pekerjaan atau hal pribadi, segeralah dipindahkan ke fileatau folder khusus pekerjaan dan pribadi. Ini akan memudahkan Anda membaca kembali isi emailtanpa harus membuka internet.

Satu topik, satu email

Jika emailyang Anda terima adalah tipe email berseri, hapus emailyang lama atau simpan emailtersebut di folder khusus.

Simpan emailyang tak sepenuhnya “sampah”

Email berisikan gambar unik atau lucu mungkin Anda anggap sayang jika dibuang. Siapa tahu, email tersebut bisa Anda lihat lagi untuk mengembalikan semangat Anda jika sudah lelah bekerja. Jadi, kalau Anda mau menyimpannya, silakan saja.

Bersihkan setiap hari

Biasakan untuk meng-scrolling inbox emailAnda tiap hari. Siapa tahu ada email lama yang bisa Anda hapus.

Jangka waktu sebulan

Dalam inbox emailAnda pasti ada emailyang Anda tidak tahu harus diapakan atau berniat untuk melakukan sesuatu terhadap emailitu tapi tak kunjung dilakukan. Nah, jika emailitu sudah berumur sebulan dan Anda belum melakukan apa-apa terhadap emailtersebut, cek lagi email-nya atau hapus saja.

Herita
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7284 seconds (0.1#10.140)