Penulis The Simpsons yang Penyayang Binatang

Rabu, 11 Maret 2015 - 08:53 WIB
Penulis The Simpsons yang Penyayang Binatang
Penulis The Simpsons yang Penyayang Binatang
A A A
Dunia animasi berduka setelah Sam Simon, penulis dan asisten kreator The Simpsons tutup usia pada umur 59 tahun di rumahnya di Los Angeles, Minggu (8/3).

Dia menyerah pada penyakit kanker usus besar yang telah menyerang sejak 2012. Nama Sam dikenal setelah sukses menciptakan serial animasi Fox yang melegenda sejak ditayangkan pada 1989 dan masih tetap tayang hingga kini. Prestasinya di dunia animasi sudah tidak diragukan. Sam membawa sembilan penghargaan Emmy saat menjadi penulis dan produser eksekutif.

Sam juga dikenal sebagai orang yang cinta binatang. Kematiannya pun ditemani anjing kesayangannya yang selalu menemani hidupnya. Bahkan dia menjadi advokat hak-hak binatang. Sebenarnya, Sam divonis hanya bertahan hidup tiga sampai enam bulan ketika didiagnosis mengalami kanker usus besar pada 2012. Jadi, dia pun memutuskan untuk memberikan kekayaannya lebih dari USD100 juta untuk Sam Simon Foundation yang didirikan pada 2002.

“Saya memiliki keinginan untuk membantu hewan. Itu uang saya dan saya bisa melakukan apa yang saya inginkan. Ini adalah hobi mahal saya pada akhir hidup saya,” kata Sam kepada Reuters, Agustus lalu. Yayasan untuk anjing ini tak sekadar menampung anjing, binatang itu juga dilatih membantu orang cacat, termasuk veteran perang di Irak dan Afghanistan.

Sam juga membantu banyak komunitas hewan. Sam lahir pada 6 Juni 1955 di Los Angeles dari pasangan Arthur dan Joan Simon. Saat remaja dia direkrut untuk bermain sepak bola di Stanford, tapi berhenti. Sam lebih memilih menjadi kartunis untuk membuat kartun olahraga untuk The San Francisco Chronicle.

Pada 1988, Sam bergabung dengan kartunis Groening dan produser James L Brooks untuk menciptakan The Simpsons prime-time series sebuah potret yang seorang ayah kikuk dan keluarga yang bandel. Dia terjun langsung dalam setiap tayangan dengan menulis dan membantu mengembangkan karakter-karakter dalam The Simpson.

Seperti karakter Homer Simpson, ayah yang kurang tangkas, tapi menawan. Marge, istri yang selalu berbakti, serta anak-anak mereka yang nakal Bart, si ambisius, Lisa, dan bayi Maggie. Pembuat The Simpson lainnya, Matt Groening yang bekerja dengan Sam untuk mengembangkan acara untuk saluran siaran Fox , mengaku kehilangan atas kepergian sahabatnya tersebut. “Kami akan kehilangan bakat Sam yang fenomenal, kecerdasannya yang tajam, dan rasa humornya,” kata Matt.

Produser eksekutif dan showrunner Al Jean menambahkan, “Saya pribadi berutang padanya lebih dari yang dapat dilunasi, tapi saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu setiap binatang yang ada dalam ingatannya.”

Ananda Nararya
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3503 seconds (0.1#10.140)