Cara Sederhana Cegah Stres

Senin, 16 Maret 2015 - 09:25 WIB
Cara Sederhana Cegah Stres
Cara Sederhana Cegah Stres
A A A
INDONESIA - Tuntutan pekerjaan dan padatnya aktivitas sering memicu terjadinya stres. Namun tahukah Anda, stres yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan?.

Dilansir dari Foodmatters.tv, beberapa study menyebutkan bahwa stres dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh. Mulai penyakit jantung, kanker, stroke, penurunan kekebalan tubuh dan radang.

Stres tidak hanya dapat berdampak pada kesehatan fisik, namun juga berdampak pada kesehatan mental. Nah, biar tidak stres ditengah kesibukan, berikut cara sederhana untuk mengusir stres dan menjadikan pikiran lebih fresh serta bahagia.

1. Pola Makan
Kunci utama pikiran segar adalah asupan gizi yang segar pula. Usahakan untuk tidak melewatkan konsumsi sayur maupun buah setiap harinya. Nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat harus terpenuhi.

Mengkonsumsi dua liter air putih dalam sehari dapat membantu kesehatan. Agar konsentrasi pikiran selalu terjaga sepanjang hari, jangan lewatkan sarapan Anda. Coklat dipercaya dapat membantu Anda menenangkan diri ketika stres. Minuman hangat dipercaya dapat membuat pikiran rileks. Untuk minuman hangat yang sehat, Anda bisa minum teh, air jahe ataupun air jeruk hangat.

2. Tidur Lebih Awal
Tidur cukup dapat membantu Anda terhindar dari stres. Sebab, kurang tidur salah satu pemicu stres berat yang menimbulkan insomnia. Atur dengan baik waktu tidur Anda.

Saat tidur, saraf-saraf yang ada di pikiran bisa kembali lentur dan mengurangi sedikit ketegangan karena stres. Namun, saat mencoba untuk tidur tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur. Ini dikarenakan dapat memperburuk stres yang Anda derita.

3. Sabar
Menjadi pribadi yang lebih sabar dapat mengurangi resiko terkena stres. Belajarlah untuk tidak mengeluh dan mencintai diri sendiri. Stres dapat disebabkan karena seseorang terlalu banyak berpikir berat.

Tenang dan santai, dapat dipastikan rasa stres dapat sangat mudah diatasi. Agar pikiran rileks, Anda bisa melakukan yoga ataupun olahraga ringan seperti lari pagi.

4. Bersyukur
Beberapa penelitian menyebutkan, rasa syukur dapat memberikan dampak positif bagi kondisi psikologis seseorang. Hampir sama dengan sikap penuh penerimaan, rasa syukur membantu seseorang menjadi lebih sabar dan lebih bahagia. Sadar atau tidak sadar, rasa syukur dapat membuat hati menjadi tenang dan damai. Dengan demikian pikiran selalu bahagia dan perasaan stres dapat berkurang dengan mudah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8923 seconds (0.1#10.140)
pixels