Mengobati Stres, Diajarkan Tertib

Senin, 16 Maret 2015 - 12:09 WIB
Mengobati Stres, Diajarkan Tertib
Mengobati Stres, Diajarkan Tertib
A A A
TIDAKsedikit anjing yang merasa stres saat pertama kali tinggal di hotel hewan yang merupakan tempat baru bagi mereka.

Biasanya mereka tidak mau makan, tidak mau bergerak, bahkan sampai menangis semalaman. Oleh karena itu, diperlukan beberapa pendekatan untuk membuat hewan-hewan tersebut merasa nyaman berada di tempat baru. Mendekati mereka dengan kasih sayang secara pribadi, mengajak mereka berjalanjalan, bahkan mengajak bercanda merupakan solusi yang sangat baik untuk menghilangkan stres.

Selain mengobati stres, hotel hewan juga kerap menjadi sarana mengajarkan para hewan untuk semakin pintar dan tertib. Hal ini pernah dilakukan oleh hotel hewan St. Queena, yang melatih para anjing yang dititipkan agar lebih pintar dan penurut. ”Dulu kita memang punya pelatih yang bisa melatih para anjing di sini agar semakin pintar, tapi sekarang sudah tidak ada lagi,” ungkap Michael, pemilik St. Queena.

Namun, jika para pemilik anjing menginginkan anjing mereka untuk dilatih, pihak St. Queena akan memanggilkan pelatih yang akan langsung datang ke rumah pemilik anjing tanpa harus menitipkan anjing mereka di hotel St. Queena. Hal ini lebih memudahkan karena mereka tidak akan terkena biaya lagi jika menitipkan anjingnya untuk dilatih di hotel hewan.

Selain itu, selama menginap di hotel hewan, para anjing pun akan diajarkan untuk tertib melakukan aktivitas setiap harinya. Biasanya mereka akan berada di halaman luar untuk bermain, makan, dan juga buang air besar. Setelah mereka buang air besar, baru lah mereka di masukkan lagi ke dalam kandang masing-masing. Hal ini bertujuan agar kandang mereka tidak bau dan tetap bersih.

Membuat hewan untuk tertib merupakan hal yang sangat penting, tidak kalah pentingnya dengan menjaga psikologi hewan dan juga kesehatan hewan. Di Derby Winner House, para pemilik anjing juga bisa berkonsultasi secara pribadi dengan Clara, pemilik hotel hewan tersebut. Mereka bisa berkonsultasi mengenai masalah kesehatan, psikologi, atau bahkan perilaku hewan kesayangan mereka.

”Banyak pemilik anjing yang berkonsultasi mengenai perilaku anjing mereka. Bagaimana cara merawat anjing yang baik, karena selama ini kebanyakan pelanggannya memiliki anjing ras yang sangat rentan sekali terkena penyakit, sehingga mengakibatkan banyak virus yang mengenai anjing mereka,” ujar Clara. Selama ini Clara hanya menerima konsultasi secara pribadi dengan pelanggannya.

Tujuannya agar pelanggan lebih dekat dan lebih dalam mengetahui tentang kondisi hewan peliharaan mereka. ”Jika ada anjing yang bermasalah biasanya bisa dilihat dari karakter pemiliknya karena OCD pemiliknya bisa terbaca dari karakter dan perilaku anjingnya,” ungkap Clara.

Andari novianti
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)