Lebih Gagah Berani

Minggu, 22 Maret 2015 - 09:42 WIB
Lebih Gagah Berani
Lebih Gagah Berani
A A A
PT Toyota Astra Motor (TAM) menjawab keinginan para pencinta mobil berkarakter sport dengan menghadirkan Etios Valco TOM’S. Varian tertinggi dari Etios Valco ini memiliki desain yang lebih sporty dan stylish.

Pemilik mobil Toyota ada yang belum begitu mengenal dengan TOM’S. Mereka lebih akrab dengan TRD dan G’S yang kerap menyulap mobil-mobil Toyota jadi lebih menarik. Ini wajar karena memang PT TAM lebih banyak menghadirkan varian TRD ke pasar automotif.

Sementara sentuhan ala G’S di mobil Toyota datang dari para importir umum. Padahal, TOM’S bukanlah barang asing di TAM. Sebelumnya, mereka pernah membuat Toyota Vios versi TOM’S. Hanya, itu terjadi 12 tahun yang lalu. Jadi, tidaklah mengejutkan ketika PT TAM baru-baru ini kembali menghadirkan sentuhan TOM’S pada salah satu produk mereka, Toyota Etios Valco.

“Namun, seluruh modifikasi ini tidak dibuat oleh TOM’S yang ada di Jepang. Seluruh modifikasi dilakukan oleh TAM Design yang tetap berpegang pada prinsip modifikasi TOM’S,” ujar Indra Lubis, Community Head PT TAM. Proses pembuatan Toyota Etios Valco TOM’S Expolore melalui proses yang panjang. Pembuatan mobil ini dimulai pada 2013, ketika TAM ingin membuat Toyota Etios Valco jadi jauh lebih menarik. Proses pembuatan itu bahkan sempat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Selama di pameran, mereka menerima berbagai masukan untuk terus mengembangkan mobil tersebut. Setelah itu, TAM Design kembali membawa Toyota Etios Valco TOM’S Explore ke kandang. Baru pada 22 Januari lalu mereka resmi meluncurkan Toyota Etios Valco TOM’SExplore. Mobil ini akhirnya hadir dengan tampilan yang lebih segar. Seluruh badan mobil dari depan hingga belakang dipasang body kitterbaru. Grilledepan yang semula ramping, kini lebih kukuh.

“Ide awalnya memang ingin menjadikan mobil ini sebagai sebuah mobil yang cocok dengan outdoor activity. Inilah alasan body kit-nya sangat mirip dengan alur papan selancar,” ujar Indra Lubis. Perubahan eksterior memang terasa sangat dominan. Sayangnya, perubahan interior tidak mendapatkan sentuhan yang sama. Tidak ada yang berbeda dengan interior Toyota Etios Valco yang ada saat ini, kecuali iluminasi cahaya berwarna biru yang hadir di takometer dan spedometer.

Warna ini menggantikan warna putih di Toyota Etios Valco standar. Toyota Etios Valco TOM’S Explore dibanderol Rp145 juta. Harga itu lebih mahal sekitar Rp1,5 juta dibandingkan dengan Etios Valco model lawas. Jika dibandingkan dengan body kit TRD dan TRD Sportivo seperti yang terpasang pada Yaris, Agya, dan Fortuner, body kit TOM’S memang lebih murah, tapi tetap mampu bersaing.

Angka ini lebih realistis bagi pembeli baru Toyota Etios Valco TOM’S Explore. Sebab, Ketua Umum Toyota Etios Valco Community Indonesia (TEVCI) Tahmid Amali memperkirakan, jika pemilik mobil Etios ingin merasakan tampilan yang sama, mereka harus mengeluarkan biaya sebesar Rp7 juta–Rp8 juta. Peranti tersebut terbagi dalam empat bagian, meliputi bumper depanbelakang, side skirt,dan roof spoiler.

Memang, menurut Indra Lubis, body kitTOM’S Explore dijual terpisah. Konsumen yang tertarik bisa mendapatkan bagian-bagian ini di dealerresmi Toyota. “Body kit-nya tersedia di program after salesToyota. Namun, untuk harga saya belum bisa pastikan, saya harus cek di Toyota,” pungkasnya.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5311 seconds (0.1#10.140)