Ragam Sisir Rambut

Rabu, 25 Maret 2015 - 10:48 WIB
Ragam Sisir Rambut
Ragam Sisir Rambut
A A A
MENYISIR rambut memang dibutuhkan tidak saja untuk menjaga keindahan dan kerapian rambut, juga melancarkan peredaran darah di bagian kepala dan menjaga kebersihan rambut.

Namun, jika salah menyisir akan melukai kulit kepala dan menyebabkan kerontokan. Pemilihan sisir sesuai dengan jenis rambut juga menjadi faktor penting untuk menampilkan tatanan rambut yang sempurna, sekaligus menghindari kerontokan rambut. Ada berbagai macam jenis sisir yang dapat menunjang tatanan rambut.

Menurut Hercules Sagemann, seorang hair stylist yang dilansir dari Hotcombs.net, pada dasarnya jenis sisir hanya ada dua, yaitu sisir bergerigi atau comb dan sisir berbentuk sikat atau brush . Kedua jenis sisir ini pun mempunyai kegunaan yang berbeda. Sisir bergerigi atau comb berguna untuk melepaskan rambut kusut dan merapikannya.

Sisir jenis ini paling banyak digunakan untuk penataan rambut sehari-hari. Bentuk sisir ini lurus, pipih, dan bergerigi. Sisir bergerigi dibagi lagi menjadi dua, yakni sisir bergerigi rapat atau wide comb dan sisir bergerigi jarang atau pick comb . Sisir yang bergerigi rapat akan menghasilkan tatanan rambut lebih rapi dan dapat membuat rambut lebih mengembang.

Sisir ini sangat pas digunakan bagi pemilik rambut yang pendek dan lurus. Ada pula sisir bergerigi sangat rapat atau tail comb yang lebih populer dengan sebutan sisir sasak. Sesuai dengan namanya, sisir ini berfungsi untuk menyasak rambut sehingga penataan rambut jadi lebih mudah. Biasanya, sisir ini digunakan untuk penataan rambut yang disanggul.

Sisir ini tidak digunakan untuk menyisir setiap hari. Itu karena ketajaman sikat dan kerapatan geriginya dapat membuat rambut menjadi mudah patah dan mudah melukai kulit rambut.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5074 seconds (0.1#10.140)