Remajakan Kulit Dengan Kolagen

Rabu, 25 Maret 2015 - 10:48 WIB
Remajakan Kulit Dengan Kolagen
Remajakan Kulit Dengan Kolagen
A A A
KOLAGEN merupakan salah satu jenis protein yang berguna untuk mempertahankan kesehatan dan keremajaan kulit. Sekitar 35% protein dalam tubuh manusia terdiri atas kolagen dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen.

“Kolagen terdiri atas asam amino yang berbentuk karbon, oksigen, dan hidrogen. Asam amino tersebut terdiri atas giychine, proline, hydroxypholine, dan arginine, “ ungkap dr Stefan Oesser, dermatolog dari Kiel University, Jerman, dilansir dailymail.co.uk.

Dokter Stefan menyatakan, sekitar 25-30% dari semua protein di tubuh kita mengandung kolagen yang ada pada jaringan penghubung, seperti tulang rawan dan tendon. Pada usia 25- 40 tahun kolagen pada kulit menurun sekurang-kurangnya 50% dibandingkan ketika berusia 20 tahun.

Kehilangan kolagen secara perlahanlahan akan menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan kerutan pada kulit. Kebutuhan harian kolagen manusia pada umumnya yang berusia di atas 20 tahun adalah 1.000-4.000 mg. Orang dengan tingkat kolagen rendah antara lain akan mengalami penurunan kekuatan tulang dan kulit yang mengendur.

Untuk menghindari masalah ini, banyak orang memilih mengonsumsi kolagen dalam bentuk minuman. “Manfaat mengonsumsi kolagen dapat menjadikan kulit kenyal dan elastis, mencerahkan warna kulit, mengurangi garis-garis halus pada wajah, dan mengurangi kemerahan yang diakibatkan peradangan atau kulit sensitif,” ujar dr Stefan.

Dalam dua tahun terakhir, begitu banyak produk minuman kolagen yang beredar di pasaran. Salah satu produk minuman kolagen yang cukup populer di Amerika Serikat adalah Beauty Drink and Pure Gold Collagen. “Minuman kolagen ini telah terbukti bermanfaat bagi kulit. Minuman ini juga dikenal karena kemampuannya untuk melembabkan kulit,” kata dr Stefanie Williams dari Dermatology Clinic Eropa London, dilansir dailymail.co.uk.

Sementara di Jepang terdapat produk Kinohimitsu Jpan Beauty Collagen Drink, sebuah minuman kolagen dalam konsentrat formula cair yang berfungsi untuk mengembalikan elastisitas kulit. Dalam informasi yang dilansir kinohimitsu.com , Kinohimitsu Jpan Beauty Collagen Drink mengandung perilla seed yang sangat kaya akan protein, amino acid, vitamin, dan mineral yang penting untuk mengembalikan keremajaan kulit dan meningkatkan kemampuan sel dalam menyerap nutrisi.

Minuman kolagen ternyata sudah cukup banyak diproduksi di Indonesia, salah satunya adalah K-Liquid. Minuman kolagen ini berasal dari bahan alami yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Adapun, kandungan dari K-Liquid, antara lain, 3.000 mg marine peptida kolagen dalam ukuran nanomolekul, air murni, buah-buahan, dan pemanis alami.

“Dengan mengonsumsi K-Liquid secara rutin, maka kita akan merasakan manfaat baiknya, antara lain mengembalikan kekenyalan, kelembapan dan kecerahan kulit, serta mempertahankan struktur dan bentuk dari organ tubuh bagian dalam,” tutur Imelda Francisca, brand ambassador K-Liquid saat dijumpai di Plaza Senayan, Rabu (18/3).

Imelda menambahkan, minuman ini dapat mulai dikonsumsi sejak usia 25 tahun, ketika tubuh mulai kehilangan kolagen 1,5% per tahun. Untuk usia di atas 35 tahun disarankan mengonsumsi minimal 1 botol per hari.

Ada pula Diva Beauty Drink yang merupakan minuman kolagen aktif yang bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan kulit, membuat kulit menjadi halus dan lebih kencang, mengurangi kerutan, serta membantu regenerasi sel kulit.

“Diva Beauty Drink terbuat dari Super Fruits yang terdiri atasdari pomegranate, acai, acerola, dangrape seed (biji anggur) yang kaya akan antioksidan serta berbagai nutrisi lain yang baik untuk kecantikan kulit,” tutur Mita Andriani, Brand Manager Diva Beauty Drink, dilansir kalbestore.com.

Mita menjelaskan, kandungan Super Fruits mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah timbulnya noda hitam pada kulit. Ada pula vitamin E untuk membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9765 seconds (0.1#10.140)