Perawatan Rambut dengan Hair Care

Jum'at, 27 Maret 2015 - 08:58 WIB
Perawatan Rambut dengan Hair Care
Perawatan Rambut dengan Hair Care
A A A
MEMPERTAHANKAN kondisi rambut yang tetap sehat, maka bisa dilakukan dengan melakukan perawatan rutin menggunakan Hair Care di rumah atau di salon.

Giovanni Wihayak, hairdresser profesional Indonesia, menemukan berbagai permasalahan rambut, salah satunya adalah rambut bercabang yang dialami para wanita akibat terlalu sering di-styling . “Berbagai permasalahan rambut rusak dan bercabang sering dialami para wanita akibat menggunakan alat styling yang terlalu panas, pewarnaan rambut, dan menyisir rambut terlalu keras,” tutur Giovanni di Locanda Cafe, Jakarta, pada Rabu (25/3).

Giovanni memaparkan, rambut bercabang terjadi ketika kutikula perlahanlahan melemah dan memaparkan korteks rambut sehingga menyebabkan rambut juga menjadi rusak. “Rambut bercabang, biasanya terjadi ketika daerah kutikula yang cukup besar terbelah, memperlihatkan korteks rambut di bawahnya,” sebut Giovanni.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh TRESemme kepada savvy style seekers mengenai rambut bercabang, ditemukan fakta bahwa 45% dari mereka mengaku mengikat rambutnya terlalu ketat. “Selain itu, berdasarkan survei, 75% mengaku pernah mewarnai rambutnya, bahkan 9 dari 10 savvy style seeker menggunakan suhu alat styling rambut hingga 200- 210oC setiap hari,” tutur Indrianez Sutanto, Assistant Brand Manager TRESemme PT Unilever Indonesia Tbk.

Giovanni mengatakan, selain rambut bercabang, tanda- tanda lain apabila rambut mengalami kerusakan, di antaranya yaitu rambut kering, kusut, mudah patah, rambut rontok, dan rambut kusam. Kerusakan rambut yang parah juga bisa karena beragam faktor. Salah satunya zat kimia yang digunakan dalam produk pengeriting atau pelurus rambut.

Zat kimia dapat mengurai ikatan disulfida pada rambut. Rambut kemudian beralih menjadi bentuk baru dan dinetralkan, menjaganya tetap pada bentuk barunya. “Seiring berjalannya waktu, ikatan disulfida pada rambut tersebut akan mengalami kerusakan,” kata Giovanni.

Selain itu, sinar ultraviolet pada cahaya matahari juga dapat mengurai protein keratin dan memengaruhi kutikula sehingga menyebabkan perubahan warna pada rambut dan membuat rambut menjadi kering. Sisir besi dan sasak juga bisa menjadi penyebab kerusakan rambut. “Penggunaan sisir besi dan sisir sasak dengan penggunaan kekuatan yang berlebihan juga dapat menyebabkan kutikula rambut terkelupas,” kata Giovanni.

Untuk mencegah kerusakan rambut, dia menyarankan beberapa langkah sederhana, di antaranya melindungi rambut dari terpaan cahaya matahari langsung dengan menggunakan topi. Selain itu gunakan alat penata rambut yang memanaskan rambut dengan memasang pada suhu terendah.

Hal ini akan menjaga rambut terlihat sehat dan lembut. Selanjutnya, yakni gunakan produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Namun, apabila rambut sudah terlanjur rusak, Geovani menyarankan untuk menggunakan ragam hair care sesuai jenis kerusakan rambut.

“Apabila rambut sudah mengalami kerusakan parah, maka bisa diatasi dengan pemakaian hair care, di antaranya hair conditioner, hair mask, hair oil vitamin, hair tonic , dan hair serum, “ sebut Giovanni.

Saat ini tersedia juga produk hair care, yakni hair conditioner. Hair conditioner adalah nutrisi pengimbang untuk rambut setelah penggunaan sampo . “Hair conditioner memberikan nutrisi pada setiap helai rambut dengan vitamin, protein, dan berbagai nutrisi penting, kemudian mengisi kembali nutrisi yang hilang,” tutur Junita Kartikasari, Senior Brand Communications Manager Hair Care P&G ASEAN.

Terdapat pula hair mask. Hair mask yang berkualitas dapat memberikan nutrisi ke rambut dengan penyerapan yang kuat, dan mengatasi rambut yang bermasalah. “Hair mask biasanya digunakan oleh orang-orang yang gemar mewarnai rambut atau menggunakan hair dryer ,” kata Geovanni.

Hair oil vitamin . Vitamin berbentuk minyak ini biasanya diusapkan langsung pada rambut kering dan tidak perlu dibilas. Ada pula hair tonic yang biasanya dipakai oleh mereka yang memiliki masalah kerontokan rambut.

Selain itu hair tonic sangat cocok digunakan untuk permasalahan kulit kepala yang sensitif. Terdapat pula hair butter yang merupakan pelembap rambut ekstra. Selain melembapkan rambut, hair butter juga dapat membuat rambut menjadi berkilau dan sehat.

Ada pula hair serum yang dapat mencegah rambut dari efek buruk dari pancaran sinar matahari yang akan membantu mengurangi kerusakan serta ancaman radikal bebas.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6556 seconds (0.1#10.140)