Perubahan Dramatis Honda Civic CIVIC

Minggu, 05 April 2015 - 09:34 WIB
Perubahan Dramatis Honda Civic CIVIC
Perubahan Dramatis Honda Civic CIVIC
A A A
Generasi kesepuluh All New Honda Civic berubah dramatis. Tampilannya lebih galak, atletis, dan berotot. Mobil konsep ini diprediksi akan disambut positif tidak hanya oleh pasar Amerika, tapi juga seluruh dunia.

Apa alasannya? Warna lime-green metalik segar yang membalut All New Honda Civic seolah berkebalikan dengan desain terbaru mobil tersebut yang lebih sportydan garang. Analis industri di Amerika menyebut Honda berani mendobrak batas. ”Inilah kembalinya versi Civic yang lebih sporty,” ungkap EVP, Automobile Division, Honda Motor Amerika John Mendel di pameran automotif New York.

Perubahan yang disebut dramatis itu terlihat di wheelbaselebih panjang, tampilan lebih lebar mulai bagian depan hingga belakang, bodi atletis dengan lekuk bodi dinamis, velg berukuran 20 inci, spoiler belakang yang besar, lampu rem LED segaris, dan grill depan yang agresif. Menurut Mendel, Civic terbaru ini dirombak total dari atas sampai bawah oleh desainer dan insinyur dari Amerika.

Perombakan itu tidak hanya ada di luar, tapi juga masuk ke jeroan dan teknologinya. Transmisi baru dan mesin anyar 1.5 liter VTEC Turbo Earth Dreams Technology, berinjeksi segaris, akan dipadu dengan fitur keselamatan struktur rangka bodi ACE yang lebih sempurna dan Honda Sensing. Honda Sensing sendiri merupakan solusi keselamatan terpadu Honda yang meliputi fitur-fitur seperti Lane Departure Warning, Forward Collision Warning, Multi Angle Rearview Camera, Adaptive Cruise Control, serta Honda Lane Watch.

Di Amerika, model ini akan dirilis pada akhir 2015 dalam beberapa varian. Yakni Civi sedan, Coupe, versi Type-R yang memiliki performa tinggi, hingga hatchback5 pintu. Model sedan maupun Coupe khusus dipasarkan di Amerika. Untuk model sedan akan dikembangkan dan diproduksi di Greensburg, AS. Kemudian model Coupe dikembangkan dan diproduksi di Alliston, Canada.

Sementara pengembangan mesin VTEC Turbo akan dilakukan di Ohio, AS, dan transmisi CVT di Russels Point, Amerika Serikat. Khusus model Hatchback 5 pintu dan versi Type-R di Swindon, Inggris. Mendel optimistis Civic terbaru ini akan mampu memukau semua kalangan di seluruh dunia. ”Handlingnya sangat baik, sementara kabinnya lega dan sunyi.

Mobil ini dikembangkan dengan konsep ultra sporty, fun to drive,serta dinamis,” ungkapnya. Di Amerika, penjualan Civic dalam 5 tahun terakhir ini masih tetap tumbuh. Meski, memang mendapat tantangan besar dari merek lain di segmen ini. Market share Civic, menurut Autodata Corp tetap stabil. Mobil tersebut setingkat berada dibawah Toyota Corolla.

Menurut analis Karl Brauer, Honda Civic terbaru ini dipastikan menjadi modal baru bagi Honda untuk mengembalikan kepemimpinan di segmen sedan. ”Ini akan menjadi kembalinya Civic sebagai mobil yang fun-to-drive,stylish,dan compact,” ungkapnya.

Ujicoba Mobil Otonom

Honda rupanya tidak mau ketinggalan terhadap tren pengembangan teknologi mobil yang dapat mengemudi sendiri (otonom). Mereka baru saja bergabung bersama Mercedes-Benz untuk melakukan ujicoba mobil swa-kemudi tersebut di bekas pangkalan militer milik angkatan laut AS di San Francisco.

Pabrikan asal Jepang itu juga bekerja sama dengan Mobility Transformation Center milik University of Michigan. Mobil yang diuji coba adalah sedan purwarupa Acura RLX, yang telah dilengkapi sensor dan kamera. Mobil itu akan berkeliling di jalan sepanjang 32 km yang memang terlarang untuk dimasuki publik.

Ujicoba teknologi swa-kemudi harus mulai dilakukan sekarang karena teknologi ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 10 tahun mendatang. Pengembangan teknologi mengemudi otonom ini juga dirancang agar untuk membantu pengemudi, misalnya lewat fitur lane-keepingatau adaptive cruise control.

Selain Honda, raksasa internet Google juga sudah melakukan pengujian aktif terhadap self-driving cars. Bahkan, Toyota Prius dan Lexus RX 450h milik Google sudah diujicobakan di jalanan umum di dekat kantor pusat Google di Mountain View, California. Google mengklaim bahwa mobil otonom mereka akan siap masuk ke lini produksi dalam 5 tahun.

Danang aradian
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9498 seconds (0.1#10.140)