Puluhan Komunitas Meriahkan Nusantara Run

Minggu, 05 April 2015 - 11:42 WIB
Puluhan Komunitas Meriahkan Nusantara Run
Puluhan Komunitas Meriahkan Nusantara Run
A A A
VIRUS olahraga lari semarak diadakan di pusat kota, khususnya Jakarta. Pada Minggu, tepatnya 22 Maret 2015, KORAN SINDO pun mengadakan acara lari dengan tema unik, mengenakan kostum bertema Nusantara yang diberi nama Nusantara Run.

Acara yang diadakan di Plaza Tenggara Senayan Jakarta ini dipenuhi oleh ribuan pelari yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu perorangan atau solo run, grup, komunitas dan tematik. Dari semua kategori tersebut banyak di antara mereka yang mengenakan salah satu atribut busana daerah, seperti kebaya, blangkon, batik, ikat kepala hingga kostum unik. Contohnya, Komunitas Remaja Batik Indonesia yang turut berpartisipasi dalam acara Nusantara Run.

Salah satu di antara mereka ada yang mengenakan baju tematik menyerupai canting, alat yang dipakai untuk menuliskan pola batik dengan cairan malam yang diletakkan di bagian kepala yang dibalutkan batik. Ada juga Komunitas Rush Runners yang mengenakan atribut seperti kopiah. Antusiasme komunitas pun terlihat dengan banyaknya komunitas yang meramaikan acara ini.

Beberapa komunitas yang terdaftar mengikuti Nusantara Run 2015 di antaranya Galaxy Running Club, Komunitas Remaja Batik Indonesia, Running Club, Rush Runners, Bola Liga, Run for Indonesia, Indorunner Tebetian, Extraordinary Jakarta Runners, Tangerang Crazy Runners, KBK, Pencinta Seni, Karang Taruna Slipi, Mom and Baby Community, Kangaroo Parkour, dan PNJ Runners.

Kegiatan lari Nusantara Run bukanlah dinilai dari kostum yang mereka pakai saja, kecepatan sampai garis finis juga menentukan pemenang dari acara ini. Setiap kategori pun mempunyai pemenang yang telah diumumkan. Mereka yang beruntung untuk kategori Best Community Group, di antaranya Juara 1 dimenangkan oleh Rush Runner, Juara 2 dimenangkan oleh Galaxy Running Club, dan Juara 3 dimenangkan oleh Gabungan Atletik Tangerang Selatan (GATS).

Rush Runners yang sering mengikuti perhelatan lomba lari tidak menyangka mendapatkan peringkat pertama untuk kategori Best Community Group. “Kami cukup kaget memenangkan juara pertama untuk kategori komunitas. Dari komunitas kami sebanyak 80 orang yang turut memeriahkan acara yang seru karena dipenuhi oleh pelari berkostum Nusantara,” ungkap Jeremy Tobing, perwakilan Rush Runner.

Keterlibatan komunitas dalam acara yang diadakan oleh KORAN SINDO bukan hanya sekali saja, beberapa acara lainnya mereka juga turut berpartisipasi di dalamnya. Yang menarik, Nusantara Run 2015 bukan sekadar lomba lari. Beberapa komunitas diminta untuk menghibur partisipan yang hadir, seperti Remaja Batik Indonesia yang melakukan demo membatik.

“Perkembangan batik di Indonesia sangatlah bagus. Saat ini banyak generasi muda yang ingin mempelajari tentang batik. Tidak hanya itu, mereka pun banyak yang menjadikan batik sebagai peluang bisnis yang mereka hadirkan melalui produk siap pakai, seperti pakaian,” kata Thiar dari komunitas Remaja Batik Indonesia. Terselenggaranya Nusantara Run diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan seni tari tradisional bagi semua kalangan.

Balqis eghnia
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7204 seconds (0.1#10.140)
pixels