Berdayakan Teknologi untuk Sukses

Minggu, 05 April 2015 - 11:43 WIB
Berdayakan Teknologi untuk Sukses
Berdayakan Teknologi untuk Sukses
A A A
Terinspirasi dari Girls In Tech’ (GIT) Global, GIT Indonesia mendorong perempuan dalam memberdayakan teknologi untuk berkarya dan menunjang kesuksesan.

Berbagai kegiatan positif diselenggarakan komunitas ini atas nama kemajuan perempuan dalam teknologi. Perempuan bukan zamannya lagi berada di belakang pria. Kini saatnya kaum perempuan tampil sejajar dengan pria dan mencapai kesuksesan sendiri. Sudah sepatutnya kaum hawa memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan menguasai teknologi terkini.

Kedua hal itu krusial sifatnya agar mereka dapat menunjukkan aktualisasinya. Inilah yang menjadi muara komunitas yang akan dibahas berikut. Berdiri empat tahun lalu, GIT Indonesia diprakarsai oleh Anantya van Bronckhorst (Co-CEO Think.Web), Aulia Halimatussadiah (CTO Nulisbuku.com), dan Ria Ariyanie (Managing Director Talk Link).

GIT Indonesia terinspirasi dari GIT Global yang didirikan pada Februari 2007 di San Francisco, Amerika Serikat. GIT adalah organisasi global yang memfokuskan diri pada pendidikan, pemberdayaan, dan keterkaitan antara para perempuan melalui teknologi. Organisasi ini dirintis oleh Adriana Gascoigne dan bermaksud sebagai salah satu wadah untuk berbicara seputar karier, bisnis, teknologi, dan entrepreneurship .

GIT Indonesia yang merupakan kepanjangan tangan dari GIT Global bertujuan menginspirasi lebih banyak perempuan di Tanah Air dalam menggunakan teknologi untuk berkarya dan menunjang kesuksesannya. “Kami tidak ada keanggotaan tetap, tapi setiap ada pertemuan yang diadakan umumnya dihadiri sekitar 50 orang,” kata Aulia yang akrab disapa Ollie ini. Mereka mempunyai agenda pertemuan rutin yang dirancang setiap tiga bulan sekali. Adapun topik yang dibahas pastilah seputar teknologi.

Tidak hanya ngobrol ngalor ngidul , komunitas ini juga acap kali mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya untuk meningkatkan wawasan para anggotanya. Beberapa waktu lalu mereka mengundang CEO-Co Founder Female Daily Network Hanifa Ambadar, yang berbagi ilmu mengenai dunia mode dan teknologi. Komunitas ini juga menggelar aneka workshop terbatas dengan salah satu contoh keahlian yang dibagi adalah tentang penggunaan media sosial.

“Di lain waktu, kami juga mengadakan Girls Chat, makan malam privat khusus pengusaha wanita di bidang teknologi, yang tujuannya berbagi permasalahan yang dihadapi saat menjalankan usaha dan sharing solusi apa yang bisa dilakukan,” tutur Ollie. Kendati belum seberapa usianya, nama GIT Indonesia sudah cukup dikenal oleh masyarakat bahkan mendapat respons yang cukup positif.

Ollie mengaku telah meluncurkan buku berjudul Girls & Tech yang mendapat sambutan baik di masyarakat. Menurut dia, buku ini bercerita tentang sepak terjang para perempuan yang bergerak di bidang teknologi. Lewat buku ini Ollie ingin membangun semangat sekaligus kepercayaan diri kaum hawa, khususnya generasi muda, untuk dapat mengikuti jejak figur perempuan-perempuan sukses yang ditulisnya di buku tersebut.

Komunitas GIT Indonesia berharap kelak dapat berkolaborasi dengan lebih banyak pihak, melakukan lebih banyak kegiatan, serta merekrut lebih banyak perempuan untuk menggunakan teknologi sebagi kunci kesuksesan mereka. Tertarik bergabung?

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5973 seconds (0.1#10.140)