Muncul di Star Wars dan The Matrix

Senin, 06 April 2015 - 10:33 WIB
Muncul di Star Wars dan The Matrix
Muncul di Star Wars dan The Matrix
A A A
OLAHRAGA EMS sebenarnya bukan hal yang baru bagi pencinta olahraga di luar negeri. Bahkan, olahraga yang mirip EMS pernah muncul di dua film fiksi ilmiah populer, Star Wars dan The Matrix .

Dalam novel Star Wars , kekaisaran digambarkan menggunakan kursi myostim artificial yang berfungsi merangsang otot-otot untuk membangun massa otot dan kekuatan. Adapun di film The Matrix ada adegan saat otot Neo diaktifkan dengan cara akupunktur jarum dan EMS setelah berada di dalam kepompong untuk waktu yang lama di atas kapal Nebukadnezar.

“Di film dokumenternya, Bruce Lee juga menggunakan kabel listrik untuk meningkatkan ototnya,” kata Kris Wahyudi dari 20 Fit. EMS telah mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena berpotensi menjadi alat latihan kekuatan bagi para atlet. Juga menjadi cara untuk rehabilitasi dan alat pencegahan untuk pasien.

EMS juga menjadi alat uji untuk mengevaluasi saraf atau fungsi otot. Kemudian menjadi alat pemulihan pasca-latihan bagi para atlet. Impuls yang dihasilkan oleh perangkat dan disalurkan melalui elektrode pada kulit di sekitar langsung dapat merangsang otot. Pada 1960-an, para ilmuwan olahraga Soviet sudah menerapkan EMS dalam pelatihan atlet elite.

Mereka mengklaim EMS telah meningkatkan 40% kekuatan. Pada era 70-an, studi ini dibahas dalam konferensi dengan hasil yang bertentangan, mungkin dikarenakan pemahaman yang berbeda dari mekanisme tindakan EMS. Namun, penelitian fisiologi medis terbaru menunjukkan mekanisme dari stimulasi listrik telah menyebabkan adaptasi dari sel-sel otot, pembuluh darah, dan saraf.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Amerika Serikat, perangkat EMS telah diatur oleh US Food and Drug Administration (FDA). Adapun penggunaan EMS di Eropa tidak terlalu diatur ketat seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

Dyah ayu pamela
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3000 seconds (0.1#10.140)