Cara Jitu Kurangi Sakit Punggung

Rabu, 15 April 2015 - 06:48 WIB
Cara Jitu Kurangi Sakit Punggung
Cara Jitu Kurangi Sakit Punggung
A A A
JAKARTA - Sakit pada punggung kini kerap dialami oleh setiap orang terutama bagi Anda yang berusia muda dan produktif.

Biasanya sakit punggung disebabkan oleh duduk yang terlalu lama karena aktifitas yang mengharuskan untuk menatap computer dalam waktu yang lama. Dilansir BBC, berikut cara mengurangi sakit punggung.

- Duduk tegak. Duduklah di kursi Anda dengan posisi rileks. Pastikan punggung dan bahu Anda menyentuh sandaran kursi. Ketika Anda sedang mengendarai mobil, bagian belakang kursi sebaiknya diatur sedikit mundur, sehingga terasa lebih nyaman dan sikut Anda harus berada pada sudut yang nyaman dan santai untuk mengemudi.

- Atur layar komputer. Dalam mengatur layar komputer, pastikan bagian atas layar sejajar dengan alis dan kursi dimiringkan sedikit ke depan agar memungkinkan untuk lutut lebih rendah dari pinggul dan kaki menapak rata di lantai. Jika Anda menggunakan laptop atau tablet, letakanlah di atas tumpukan buku-buku untuk mendapatkan ketinggian yang Anda butuhkan yakni sejajar dengan alis Anda.

- Ambil istirahat secara teratur. Jangan duduk selama lebih dari 20-30 menit pada suatu waktu. Ada baiknya untuk berdiri sejenak dan lakukan peregangan. Anda bisa juga mengubah posisi duduk atau sekedar jalan-jalan sedikit di area meja kerja Anda.

Untuk sedikit relaksasi, Anda dapat memijat lembut bagian belakang kepala dan leher Anda sambil bernapas perlahan. Hal ini akan membantu untuk memperbaiki postur tubuh dan mengurangi nyeri punggung dengan melatih keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas dalam tulang belakang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7539 seconds (0.1#10.140)