Dextromethorphan pada Obat Batuk Kurangi Kadar Gula Darah?

Rabu, 15 April 2015 - 13:08 WIB
Dextromethorphan pada Obat Batuk Kurangi Kadar Gula Darah?
Dextromethorphan pada Obat Batuk Kurangi Kadar Gula Darah?
A A A
JERMAN - Bahan aktif dalam obat batuk, dextromethorphan dipercaya dapat mengurangi tingkat gula darah pada manusia dan tikus. Hal ini mengindikasikan bahwa suatu hari nanti, bahan ini memiliki kemungkinan untuk digunakan mengobati diabetes.

Dilansir dari VOA, dextromethorphan kerap ditemukan dalam banyak sirup dan tablet obat batuk. Bahan itu dapat menurunkan tingkat gula darah pada diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 dengan melindungi sel-sel beta yang memproduksi insulin.

Penemuan ini berhasil ditemukan oleh profesor fisiologi dan direktur Pusat Diabetes di Dusseldorf, Eckhard Lammert, dan kolega-koleganya.

Insulin merupakan hormon yang membantu sel-sel menyerap glukosa untuk bahan bakar. Jika sel-sel beta tidak memproduksi cukup insulin, gula dengan tingkat berbahaya dapat timbul dalam darah, menimbulkan komplikasi-komplikasi serius, termasuk kebutaan dan gagal ginjal.

Diabetes Tipe 1 kerap disebabkan oleh sistem kekebalan yang salah arah, menghancurkan sel-sel beta yang memproduksi insulin. Sebanyak 10% diabetes tipe 1 ini menimpa semua penderita diabetes.

Diabetes tipe 2 atau diabetes dewasa, merupakan masalah yang semakin meningkat di dunia. Penderita diabetes tipe 2 memiliki kondisi yang tidak dapat menyerap jumlah gula dalam darahnya. Lammert mengungkapkan, dextromethorphan berhasil mengurangi tingkat gula darah sekitar 10%.

Lammert menjelaskan, penggunaan dextromethorphan ini masih eksperimental dan tidak disarankan penggunaan obat batuk bagi orang-orang yang ingin mengobati diabetesnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6144 seconds (0.1#10.140)