Transformasi Gaya Hidup Sehat

Minggu, 19 April 2015 - 10:26 WIB
Transformasi Gaya Hidup Sehat
Transformasi Gaya Hidup Sehat
A A A
KEBAIKAN buah yang mengandung vitamin C tetap saja diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kecantikan. Hal tersebut kini juga menjadi pilihan untuk bergaya hidup sehat dengan alami.

Saat ini buah sebagai menu makanan wajib yang dikonsumsi setiap saat. Namun, dalam menikmati buah secara langsung atau segar terkadang menimbulkan rasa enggan atau malas, khususnya bagi masyarakat modern yang memiliki mobilitas dan aktivitas yang tinggi.

Pakar nutrisi Emilia E Achmadi saat menjadi pembicara dalam talkshow bertema “The New Way of Eating Fruit” yang diadakan Tarami FruitMarket di XXI Club, Djakarta Theater, Jakarta, beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai peduli dengan kesehatan dan kecantikan secara alami dan mulai memasukkan buah menjadi bagian dari menu makanan yang wajib dikonsumsi sehari-hari.

Bahkan, untuk menghindari kebosanan dalam mengonsumsi buah, Emilia menyebutkan, beberapa inovasi pun menjadi solusi untuk mengatasi kebosanan tersebut. Namun, tidak semua inovasi dalam menikmati buah dapat mengakomodasi semua unsur yang diinginkan, seperti mudah, praktis, nikmat, kandungan vitamin tetap terjaga, dan harga terjangkau. “Banyak cara dalam menikmati buah. Bagi orang Indonesia, sejak dulu telah menikmati buah tak hanya secara langsung, juga dalam beberapa cara.

Contohnya sajian buah dalam wujud rujak (potongan buah segar dengan sambal kacang), asinan (potongan buah dan sayuran dengan kuah cabai yang segar) atau es buah (potongan buah dalam sirup manis) yang bahkan telah menjadi menu makanan khas Indonesia. Jadi, kita sudah tidak asing lagi dengan caracara berbeda dalam menikmati buah,” tutur Emilia, yang juga mengingatkan untuk memilih produk buah yang masih segar dan berkualitas baik.

Selanjutnya, dia juga mengingatkan, “Merebaknya jus buah dan buah yang direndam dalam air mineral juga menjadi tren baru yang tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan masyarakat dalam menikmati buah. Meskipun buah dalam bentuk jus tetap nikmat, kandungan vitamin dalam buah yang dijus akan hancur karena proses penghancuran buah segar. Artinya, nutrisinya tidak utuh seperti buah asli.

Untuk itulah, masyarakat yang memang sangat peduli dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi tentunya harus cermat dalam menyikapi tren yang ada.” Sementara itu, presenter Melanie Putria yang supersibuk tetap memperhatikan gaya hidup sehat dengan tetap memperhatikan pola makannya dan mengonsumsi seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh termasuk buah.

“Belakangan ini saya memang sangat gemar makan buah, segala buah saya lahap. Biasanya sih memakan buah secara langsung tapi kadang karena bosan saya modifikasi dengan memberikan perasan jeruk pada potongan buah sehingga menjadi lebih segar. Namun, karena keterbatasan waktu, saya menikmati buah yang ditawarkan dengan cara lain, yakni dengan mencoba Tarami FruitMarket,” paparnya yang juga menjadi pembicara talkshow bertema “The New Way of Eating Fruit”.

Karena itu, dalam talkshow tersebut juga diluncurkan Tarami FruitMarket di Indonesia sebagai inovasi pertama produk buah dalam jelly oleh Tarami Corporation Japan. Yao, Director of Tarami Corporation Japan, mengatakan, “Sebagai pemimpin pasar untuk produk kemasan buah dalam jelly di Jepang, kami senantiasa mencari peluang untuk melebarkan cakupan pasar di Indonesia menjadi target market yang potensial untuk Tarami FruitMarket.

Hal tersebut berdasarkan masyarakat yang mempunyai kebiasaan makan buah dalam menu sehari-hari, pergeseran gaya hidup sehat, khususnya terlihat pada masyarakat modern di kota-kota besar, mobilitas, aktivitas dan roda kehidupan yang tinggi.” Dia mengatakan Tarami FruitMarket di Indonesia menawarkan tiga produk, yakni Tarami Fruit Market Mandarin Orange, Tarami FruitMarket White Peach, dan Tarami FruitMarket Blueberry.

Saat ini tren penggunaan buah segar juga dilakukan untuk perawatan spa. Misalnya penggunaan orange atau perawatan Orange Treats yang ditawarkan Alameda Spa di lantai lima Hotel JW Marriot, Jakarta. Dipilihnya buah orange sebagai bahan baku perawatan spa Orange Treats karena tingginya kandungan vitamin C. “Kandungan vitamin C-nya tinggi sehingga bisa membantu mencerahkan kulit dan kandungan antioksidannya yang tinggi,” kata sang terapis, Mia, yang mengatakan Orange Treats menjadi favorit para konsumen.

Kandungan vitamin C sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa buah ini bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang dipaparkan polusi. Antioksidan juga melindungi kulit dari radiasi ultraviolet sinar matahari.

Selain itu, vitamin C penting untuk memproduksi kolagen yang bisa mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit, serta membuat kulit terasa kenyal. Dianjurkan untuk bisa melakukan perawatan orangetreatment ini secara rutin dua minggu sekali atau minimal sebulan sekali.

Sali pawiatan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8097 seconds (0.1#10.140)