Susu dan Air Kelapa untuk Alergi Hanya Mitos

Senin, 20 April 2015 - 18:47 WIB
Susu dan Air Kelapa untuk Alergi Hanya Mitos
Susu dan Air Kelapa untuk Alergi Hanya Mitos
A A A
JAKARTA - Makanan, susu sapi, debu, dan zat tertentu kerap menyebabkan alergi pada seseorang. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, kemungkinan mengalami alergi sangat tinggi.

Untuk penyembuhan secara rumahan, masyarakat kerap menggunakan kelapa hijau dan susu sebagai pengobatannya. Namun tahukah Anda, kelapa hijau dan susu bukanlah cara pengobatan yang tepat?

Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Prof. DR. Dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes mengungkapkan, kelapa hijau dan susu bukanlah obat yang tepat untuk penderita alergi.

"Kelapa hijau dan susu hanya mitos. Itu tidak benar. Itu mitos yang berkembang di masyarakat," papar Budi di kawasan Kuningan.

Budi menjelaskan, untuk penanganan pertama penderita alergi haruslah menghindari sumber alergi. Selanjutnya, pemberian obat sesuai gejala perlu dilakukan.

"Kalau dia alergi sama obat yang penting dihindari, jangan diberikan lagi. Begitu juga sama makanan. Kalau alergi makanan juga hindari. Jangan diberikan walaupun sedikit. Sedangkan untuk netralin diberikan obat sesuai gejala yang mucul. Bukan dikasih kelapa hijau atau susu. Setelah itu dibawa ke rumah sakit terdekat," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)