Cetak Langsung dari Smartphone

Selasa, 21 April 2015 - 10:02 WIB
Cetak Langsung dari Smartphone
Cetak Langsung dari Smartphone
A A A
Teknologi berkembang selalu mengikuti gaya hidup penggunanya. Prinsip tersebut tidak hanya hadir dalam perkembangan smartphone dan tablet, namun juga mesin printer.

Hal itu disampaikan oleh VP Corporate Business and Corporate Affairs PT Samsung Electronic Indonesia Kang Hyun Lee saat mengenalkan produk smart printer Samsung yang berbasis Android dan memanfaatkan teknologi cloud. Menurut Lee, saat ini hampir semua orang bisa mengerjakan atau menyiapkan dokumen dari smartphone maupun tablet. Tidak perlu menunggu hingga tiba di kantor. Diperjalanan pun masih bisa tetap terhubung dengan pekerjaan.

Lalu jika dokumen sudah dikerjakan dan perlu dicetak, kemana kita harus mencetaknya? Dijamin banyak waktu terbuang jika harus berhenti mencari tempat layanan cetak dokumen. Belum lagi memindah dokumen ke komputer untuk dicetak. Nah, problem ini menghadirkan solusi yang disebut cloud printing. Melalui smart printer, tidak perlu lagi ada komputer terkoneksi untuk melakukan proses mencetak. Cukup printer itu saja yang terhubung ke internet.

Bagaimana file dokumen yang ingin Anda cetak dapat diterima dan otomatis dicetak oleh printer, dijawab lewat teknologi cloud printing. Menggunakan aplikasi Cloud Printing, maka pengguna tinggal memilih dokumen yang akan dicetak dan mesin printer yang mencetaknya. Aplikasi tersebut menghubungkan smartphone dan smart printer melalui jaringan internet.

Menyasar B2B


Printer pintar yang telah terintegrasi dengan teknologi cloud untuk sementara diciptakan khusus untuk kalangan bisnis atau korporasi (business to business). Rupanya berdasarkan riset yang dilakukan, kegiatan cetak mencetak dokumen lebih sering dilakukan oleh pelaku bisnis dan korporasi.

Cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7027 seconds (0.1#10.140)
pixels