Waspada! Wanita Gemuk Sulit Hamil

Kamis, 23 April 2015 - 07:02 WIB
Waspada! Wanita Gemuk Sulit Hamil
Waspada! Wanita Gemuk Sulit Hamil
A A A
JAKARTA - Berbagai masalah mengintai orang yang memiliki tubuh gemuk. Selain diabetes mellitus dan penyakit jantung koroner, kegemukan pada wanita dapat menjadi salah satu faktor masalah reproduksi, seperti sulit hamil dan lebih mudah mengalami keguguran.

Guru Besar Ilmu Obstetri dan Ginekologi Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM memaparkan, orang gemuk akan mengalami ovulasi yang tidak teratur.

"Orang gemuk susah hamil karena ovulasinya tidak teratur. Orang yang bertubuh gemuk memiliki berat badan berlebih. Kelebihan berat badan ini diakibatkan adanya timbunan lemak di dalam tubuh," papar Biran di Kawasan Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut Biran menjelaskan, lemak yang ditimbun akan mempengaruhi hormon dalam tubuh, termasuk hormon ovulasi. Apabila ovulasi atau pematangan sel telur dalam indung telur terganggu, maka pembentukan folikel matang juga akan terganggu dan tidak keluar dari indung telur.

Namun jika terjadi pembuahan, umumnya wanita yang hamil dengan obesitas akan megalami berbagai masalah dalam kehamilannya, seperti bayi prematur hingga keguguran.

"Orang yang gemuk hamilnya susah, kalau mau hamil juga susah. Anaknya nanti bisa terlalu kecil, prematur," ujarnya.

Menurutnya, orang yang memiliki tubuh gemuk akan lebih sering mengunjungi dokter atau banyak keluhan.

Oleh karena itu, Biran menyarankan untuk menjaga berat badan dan wanita yang mengalami kegemukan dapat menurunkan berat badannya bila ingin hamil dan melahirkan anak yang sehat. Diet dan olahraga yang teratur dipercaya dapat menurunkan berat badan dan memperbaiki frekuensi ovulasi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7555 seconds (0.1#10.140)