Raef, Penyanyi Muslim AS yang Tampil di KAA

Jum'at, 24 April 2015 - 08:54 WIB
Raef, Penyanyi Muslim AS yang Tampil di KAA
Raef, Penyanyi Muslim AS yang Tampil di KAA
A A A
RAEF, penyanyi asal Amerika Serikat (AS), mendapat kehormatan untuk tampil di acara puncak Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Sabtu, 25 April mendatang.

Raef merupakan penyanyi muslim berdarah Afro-Amerika. Dia satu manajemen dengan Maher Zein di Awakening Records, perusahaan rekaman ternama di Inggris yang mempromosikan talenta muslim modern. Kesempatannya tampil di KAA ini, setelah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyaksikan langsung penampilan Raef saat menyanyikan lagu Home. Merasa tersentuh dengan lagu tersebut, Ridwan langsung meminta Raef untuk tampil sebagai pengisi acara KAA di Bandung.

“Beberapa kali Pak Wali Kota telepontelepon saya bilang, ‘Raef itu oke ya (jadi manggung ), jangan sampai enggak loh,” ujar Rina Novianti, perwakilan dari Awakening Records di Indonesia. “Acara ini sebenarnya enggak ada penampil lain, hanya Raef. Jadi, setelah ada parade, kemudian nanti di panggung utama akan ada penampilan Raef. Dia nyanyi bersama penampilan dari Sanggar Mang Ujo,” kata Rina.

Pemilik nama lengkap Raef Haggag ini pun menyambut baik ketika diberikan kesempatan untuk tampil dalam acara KAA. Namun, dia tidak akan terlalu banyak membawakan lagu miliknya. Raef akan membawakan dua atau tiga lagu, seperti Home, Freedom, dan You Are The One . “Saya sangat senang untuk penampilan pada Sabtu besok. Saya bisa mengenalkan musik saya kepada orang-orang. Ini merupakan suatu kehormatan besar untuk saya bisa tampil di acara ini,” kata Raef.

Melihat sosok Raef, namanya memang sedang populer di Indonesia. Album pertamanya, “Path” yang bergenre folk-rock ini mendapat sambutan hangat di Tanah Air. Betapa tidak, total penjualan albumnya di Indonesia sudah lebih dari 13.000 kopi. Penjualan itu membuatnya berhasil meraih penghargaan Platinum Plate dan diperkirakan mendapatkan double platinum pada Juni mendatang.

Kedatangan Raef ke Indonesia ini langsung disambut para penggemarnya. Sebelum tampil di acara KAA nanti, pada Rabu (22/4) lalu, Raef ditunjuk Zatta Men sebagai brand ambassador . Raef dipilih sebagai duta pakaian muslim pria ini karena Elzatta Hijab yang membawahi Zatta Men menyadari perlu mengangkat seorang figur publik yang tidak hanya good looking dan berbakat, juga berkarisma dan memiliki kepribadian yang luhur. Terlebih dia menjadi sosok pria muslim yang taat.

Pada kesempatan itu, Raef yang pernah menjadi guru SMA ini menceritakan perjalanan kariernya ketika memilih musik sebagai salah satu jalan untuk mengekspresikan diri dan menyebarkan nilai-nilai keislaman yang selama ini dijalaninya. “Islam ini merupakan satu jalan dalam hidupku, ini saling berkesinambungan. Musik sangat memengaruhi hidup saya. Dengan musik, saya bisa menyatukan dan memberikan ajaran Islam secara universal,” katanya.

Pria berkelahiran Washington DC, 8 Agustus 1982, ini menilai masyarakat muslim di Indonesia seharusnya menjadi contoh bagi orang-orang yang ingin melihat seperti apa kaum muslim sebenarnya.

“Saya pikir muslim di Indonesia merepresentasikan Islam yang sebenarnya, sangat bertoleransi, saling menghormati walaupun memiliki banyak perbedaan kebudayaan, perbedaan agama, dan perbedaan kepercayaan. Saya pikir seluruh orang di dunia perlu datang ke sini, sebelum mereka berbicara tentang ISIS, Al- Qaeda, atau hal lainnya. Coba datang ke Indonesia, lihat bagaimana muslim di sana,” tutur lulusan Maryland University ini.

Fatturahman hakim
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5816 seconds (0.1#10.140)