Dian Sastro Perankan Kartini

Jum'at, 24 April 2015 - 08:55 WIB
Dian Sastro Perankan Kartini
Dian Sastro Perankan Kartini
A A A
SUTRADARA Hanung Bramantyo bersama Robert Rony selaku produser dari Legacy Pictures memilih Dian Sastrowdoyo untuk memerankan tokoh Raden Ajeng (RA) Kartini.

Dian dinilai sosok yang paling tepat untuk mengirim semangat Kartini kepada masyarakat Indonesia, khusus kaum perempuan.

“Kenapa Dian Sastro? Karena, kita butuh kendaraan. Kalau soal program pemerintah, bagaimana men-delivery pesan-pesan, mungkin saya enggak perlu Reza untuk jadi Habibie, tapi dunia entertaint enggak mengenal itu.

Sementara, Dian saat ini bukan ABG (anak baru gede) lagi. Tadinya kami berpendapat Maudy Ayunda atau Eva Celia. Ketika melakukan riset kecilkecilan, kami memilih Dian Sastro dong,” kata Hanung seusai syukuran film Kartini di XXI Lounge Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (22/4). Pemilihan Dian, menurut sutradara kelahiran Yogyakarta, 1 Oktober 1975 ini karena pada kehidupan nyata, ibu dua anak itu banyak menginspirasi masyarakat, khususnya kaum perempuan.

“Dian Sastro menjadi inspirasi anak-anak muda. Contohnya lewat film Ada Apa Dengan Cinta dan terakhir film 7/24 . Untuk itu, saya ingin membuat Kartini menjadi seorang yang dekat dengan kita,” katanya. Hanung Bramantyo dikenal sebagai sutradara bertangan dingin yang berhasil membuat karya besar. Dia juga sukses mengangkat kisah cerita biopik KH Ahmad Dahlan dan Soekarno dalam layar lebar. Kini giliran RA Kartini diangkat kisah ke layar lebar.

Sebetulnya, film tentang sosok Kartini pernah dibuat pada 1982 dengan judul R. A. Kartini . Film itu disutradarai Sjumandjaja. Namun, kemudian Hanung tertarik untuk menggarap film tersebut. Selain itu, suami Zaskia Mecca ini mengaku penggarapan film Kartini ini dilatari keprihatinannya terhadap masyarakat Indonesia yang kurang mengenal baik pahlawannya.

“Sosok RA Kartini ini adalah salah satu pahlawan terbesar bangsa ini. Idenya masih relevan sampai sekarang untuk perkembangan dan emansipasi kaum wanita,” ujarnya. Untuk memahami betul sosok Kartini, Hanung akan mempelajari Kartini lebih dalam dan meminta Dian untuk kembali lagi menjadi Cinta dan berlakon sebagai perempuan Jawa. “Saya bilang badan kamu (Dian Sastro) harus kurus. Kamu harus kembali lagi jadi Cinta dengan gaya Jawa. Kamu harus sering berhubungan sama saya. Dia Jawa, cuma dia harus memahami Kartini enggak lemah lembut,” kata Hanung.

Pada pembuatan film Kartini, Hanung akan menghadirkan salah satu keluarga Kartini untuk melengkapi alur cerita yang disuguhkan. Rencananya Hanung akan menggambarkan perjuangan Kartini kecil hingga wafat.

“Tadinya saya mau buat film seminggu sebelum Kartini menikah, pergolakan batinnya. Cuma saya review lagi, saya harus memulai buat biopik lagi dari kecil sampai dia wafat. Jadi, itulah yang saya pikir, dari umur 4 tahun sampai 23 tahun,” paparnya. Dian Sastro, kata Hanung , tidak menyangka terpilih untuk memerankan salah satu wanita hebat Indonesia itu. Pelanpelan Dian juga mulai melakukan riset. Hanya saat ini perempuan cantik itu masih sibuk dengan pekerjaan lain.

“Dian juga antusias untuk perannya yang satu ini. Sampaisampai dia langsung berziarah ke makan Kartini di Jepara, Jawa Tengah,” cerita Hanung.

Thomasmanggalla
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3608 seconds (0.1#10.140)