Lawan Pembajakan, Marilyn Manson Pakai Cakram PS1

Selasa, 28 April 2015 - 17:17 WIB
Lawan Pembajakan, Marilyn Manson Pakai Cakram PS1
Lawan Pembajakan, Marilyn Manson Pakai Cakram PS1
A A A
LOS ANGELES - Pembajakan menjadi masalah bagi musisi. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk membendung tindakan ilegal ini untuk melindungi hak cipta mereka. Nah, rocker asal Amerika Serikat (AS), Marilyn Manson, telah menemukan cara ampuh untuk melawan pembajakan karyanya.

Marilyn merilis album kesembilannya, The Pale Emperor, pada Januari lalu. Tapi, album ini tak sekadar dirilis dalam bentuk CD biasa. Rocker berpenampilan unik ini merekam The Pale Emperor di cakram (disc) PlayStation (PS) 1, yang sulit untuk dikopi atau disalin.

Marilyn memang tidak mengungkapkan fakta ini secara terang-terangan. Tapi, sebuah blog gaming, Kill Screen-lah yang menemukan fakta menarik ini.

Menurut Contactmusic, Marilyn dan tim kreatifnya memilih untuk tidak menggunakan CD-ROM konvensional yang biasa dipakai untuk merilis album. Mereka justru memilih memasukkan data untuk album itu ke cakram polikarbonat hitam yang dibuat untuk digunakan pada generasi pertama PlayStation ketika dirilis pada 1994.

Cakram-cakram ini lebih kuat, lebih tebal dan lebih sulit dibajak. Cakram ini juga bersumber langsung dari Sony, artinya benda ini datang dari pabrik produksi yang sama seperti cakram-cakram pertama PS 20 tahun lalu.

Tapi, anti-pembajakan bukanlah alasan utama mengapa mereka memilih cakram ini. “Ketika kalian membuka CD, warnanya hitam. Tapi kami juga menambahkan tekstur panas di atasnya. Setelah CD ini jadi panas saat diputar, dia akan berubah jadi putih,” ungkap direktur seni rekaman itu Hassan Rahim kepada Kill Screen.

Dia menambahkan, pilihan ini diambil sesuai gambar dan tema The Pale Emperor yang terang/gelap.

Album kesembilan Marilyn itu dirilis pada pertengahan Januari lalu dan berhasil nangkring di posisi 8 Billboard Top Ten. Album itu dirilis label rocker itu, Hell. Kepada NME, penyanyi berusia 46 tahun itu mengklaim, dia merasa sangat percaya diri terhadap album itu.

Baru-baru ini, Marilyn mengumumkan bergabung dengan band Smashing Pumpkins dalam tur keliling Amerika Utara. Tur ini akan dimulai pada 7 Juli mendatang di Concord, California.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)