Memburu Ombak Kidal di Pantai Lakey

Sabtu, 09 Mei 2015 - 17:25 WIB
Memburu Ombak Kidal di Pantai Lakey
Memburu Ombak Kidal di Pantai Lakey
A A A
DOMPU - Pernahkah Anda mendengar istilah ombak kidal? Jika belum, kunjungilah Pantai Lakey. Saat ini sebagian besar yang datang ke Pantai Lakey merupakan wisatawan asing seperti dari Australia, Amerika Selatan dan Amerika Serikat. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Lakey terkenal sebagai kawasan surfing terbaik dan unik di dunia. Pasalnya, ombak di pantai ini memiliki arah sapuan ke kiri bukan ke kanan sebagaimana umumnya.

Dikutip dari Indonesia Travel, keunikan ini juga dilengkapi dengan keindahan pantai yang menjadi buah bibir di kalangan penggila surfing. Angin laut yang terbilang kencang di kawasan ini juga mendukung kegiatan surfing, wind surfing, atau kite surfing.

Pantai Lakey memiliki ombak yang stabil sepanjang tahun dan kerap menjadi lokasi diadakannya kompetisi selancar tingkat dunia. Puluhan peserta kompetisi ini biasanya datang dari berbagai berbagai negara.

Ombak di Pantai Lakey yang tidak terlalu tinggi (berkisar 6-8 meter) akan menantang ketika harus ditaklukkan dengan arah ombak kidal. Banyak wisatawan mancanegara datang ke pantai di selatan Pulau Sumbawa ini untuk menjajal keahlian berselancarnya.

Pantai Lakey memiliki empat jenis ombak, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Lakey Peak menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri maupun kanan, pada bagian kiri berbentuk terowongan panjang, sementara di bagian kanan berupa gulungan ombak yang sempurna untuk berselancar.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6878 seconds (0.1#10.140)