Efek Psikologis Mewarnai Rambut

Senin, 11 Mei 2015 - 08:53 WIB
Efek Psikologis Mewarnai Rambut
Efek Psikologis Mewarnai Rambut
A A A
MEWARNAI rambut menjadi kebiasaan kaum wanita dalam mengubah tampilannya. Namun, tahukah Anda bahwa secara psikologis wanita yang mewarnai rambut dengan warna baru akan membuatnya menjadi lebih bahagia?

Berdasarkan penelitian Harvard University, wanita yang melakukan perubahan dan peningkatan dalam penampilan, khususnya rambut, akan mengalami perubahan suasana hati dan perasaan yang lebih baik.

Seperti diketahui, rutinitas sehari-hari kerap menciptakan perasaan jenuh dan stres. Hal ini akan mengurangi perasaan positif dan rasa percaya diri. Meskipun rasa percaya diri harus dipupuk dari dalam diri sendiri, ada faktor-faktor eksternal yang bisa membantu wanita meningkatkan rasa percaya diri tersebut, salah satunya warna rambut. “Rambut merupakan faktor penting bagi wanita untuk merasakan bahwa dirinya menarik,” papar psikolog Tara De Thouars di Nouvelle Resto, SCBD, Jakarta, Kamis (7/5).

Tara yang merupakan lulusan Universitas Indonesia dan University of Queensland, Australia, juga menjelaskan, saat seorang wanita mengubah warna rambut, wanita tersebut akan merasakan perubahan positif lainnya, seperti memiliki perasaan lebih muda. Ini akan berdampak pula pada tekanan darah yang menurun.

“Dengan mewarnai rambut dengan warna yang baru, wanita akan merasa lebih energik, bahagia, dan penuh vitalitas untuk melakukan berbagai macam aktivitas setiap harinya,” tambah Tara. Senada dengan Tara, Marketing Manager L’Oreal Paris Aldo Fajar menjelaskan, rambut merupakan bagian penting dalam penampilan wanita untuk menemaninya dalam berbagai fase kehidupan.

“Perubahan pada penampilan rambut dapat memberikan energi baru dan positif, bertambahnya kepercayaan diri, juga memberi semangat untuk membuka lembaran baru,” tambah Aldo. Dian Sastrowardoyo, Brand Ambassador L’Oreal Paris pun membagi pengalaman pertamanya mengubah warna rambut yang sebelumnya selalu berwarna hitam. Setelah mengubah warna rambut dengan menggunakan L’Oreal ParisExcellence 4.45 Mahogany Copper Brown, Dian merasakan banyak perubahan yang terjadi, seperti kepercayaan diri bertambah, lebih bersemangat, dan siap untuk melakukan kegiatan baru yang belum pernah dia lakukan sebelumnya.

“Menurut saya, wanita Indonesia itu memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan perubahan terhadap masyarakat dan komunitas. Perubahan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan dari hal yang paling sederhana, contohnya dengan mengubah warna dan potongan rambut seperti yang telah saya lakukan,” kata Dian.

Menurut Riza Arif Rahman, Group Product Manager Hair and Men Category L’Oreal ParisIndonesia, atas semua latar belakang itulah L’Oreal Paris ingin mengajak para wanita Indonesia untuk melakukan perubahan pada penampilan warna dan gaya rambut terbaru. Dengan menghadirkan L’Oreal ParisExcellence yang merupakan home hair coloring product , memberikan serum perlindungan sebelum pewarnaan dengan kandungan ceramide untuk melindungi serat rambut dan membuat rambut terasa lebih halus.

“Pre-color serum ini dapat menghasilkan kilau warna yang lebih maksimal dan warna yang tahan lama karena mampu mengikat pigmen warna hingga ke dalam batang rambut,” ujar Riza. Dikutip dari TotalBeauty.com , konsultan kecantikan Sharon J Yi juga melansir beberapa merek home hair coloring product. Di antaranya Wella Colour Charm Permanent Haircolor, pewarna rambut yang bisa digunakan di rumah dan memiliki intensitas warna abu-abu yang menarik.

“Saat digunakan, pewarna rambut ini juga tidak meninggalkan bau yang menyengat pada rambut,” ungkap Sharon J Yi. Ada pula Clairol Natural Instincts Color Creme. Pewarna rambut ini sangat mudah digunakan sendiri tanpa berantakan. Pewarna rambut ini juga memiliki efek warna rambut alami yang memesona sekaligus merata. Sementara itu, Revlon Frost & Glow Highlighting Kit dapat memberikan efek highlight pada rambut tanpa membuatnya terkesan berlebihan.

Terakhir, yaitu Garnier HerbaShine Color Creme. “Pewarna rambut ini akan memberikan warna rambut multidimensional yang mencakup warna abu-abu. Selain itu, pewarna rambut ini juga akan membuat rambut menjadi lembut dan mengkilap alami,” ujar Sharon.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3622 seconds (0.1#10.140)
pixels