Selain Membersihkan Badan, Ini Beragam Manfaat Mandi yang Wajib Diketahui

Kamis, 16 Februari 2023 - 05:16 WIB
Mandi ternyata bukan sekadar menjaga kebersihan tubuh, namun aktivitas membersihkan badan ini juga bisa membantu meningkatkan energi serta mood. / Foto: ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Mandi ternyata bukan sekadar menjaga kebersihan tubuh. Namun, aktivitas membersihkan badan ini juga bisa membantu meningkatkan energi serta mood.

Sedikitnya terdapat 4 manfaat positif yang bisa diperoleh dari mandi, baik dengan air dingin maupun hangat. Seperti dinukil dari laman Wellness Workdays, berikut informasinya.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan mandi, selain tubuh menjadi bersih tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon penambah suasana hati, seperti norepinefrin dan serotonin.





Hormon-hormon ini membantu memberi Anda perasaan berenergi dan bahagia, yang pada akhirnya mengarah pada meningkatnya kepercayaan diri.

2. Mengurangi Kecemasan

Faktanya, mandi telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental. Ini karena mandi air hangat dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Reaksi tubuh terhadap suhu hangat, secara alami dapat melemaskan otot dan pikiran Anda. Karena mekanisme ini, risiko gejala depresi menjadi lebih rendah setelah mandi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More