Ini 4 Prinsip Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:46 WIB
Dalam meningkatkan imunitas tubuh, masyarakat disarankan agar menerapkan gaya hidup dengan mengikuti pedoman gizi seimbang. / Foto: ilustrasi/grafis SINDOnews
JAKARTA - Dengan penyebaran Covid-19 yang melandai, pemerintah pada akhir tahun lalu mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Bahkan, pada 15 Februari 2023, Satgas Covid-19 mencatat 102 kasus aktif tambahan.

Padahal di tanggal yang sama tahun lalu, total kasus tambahan menembus 57.049. Penurun ini tentunya tidak lepas juga dari peran vaksinasi dalam membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan, menjaga imunitas dengan rajin berolahraga, dan juga memperhatikan pola makan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.



Untuk meningkatkan imunitas, ahli gizi dan pangan, Endang S Sunaryo menyarankan agar masyarakat menerapkan gaya hidup dengan mengikuti pedoman gizi seimbang (PGS).



"Pedoman ini mengatur pola hidup sehari-hari dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh," ungkap Endang S Sunaryo dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Dalam mencapai gizi seimbang pada dasarnya bisa mengacu pada empat prinsip, yakni variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta pemantauan berat badan ideal. Dan berikut prinsip-prinsip pedoman gizi seimbang.

1. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih



Pandemi mengajarkan masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup bersih dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Penerapan sikap hidup bersih ini membantu melindungi masyarakat dari serangan virus, kuman hingga penularan penyakit.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More