Selalu Sembelit Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius Ini

Rabu, 01 Maret 2023 - 19:40 WIB
Sering sembelit bisa menjadi tanda dari penyakit serius. Sembelit atau buang air besar yang tidak teratur sangat tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Sering sembelit bisa menjadi tanda dari penyakit serius . Sembelit atau buang air besar yang tidak teratur bisa sangat tidak nyaman dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan, merasa mual, mengalami sakit perut atau bahkan kelelahan.

Sebagian besar gaya hidup yang salah dikatakan sebagai alasan utama sembelit dan mengubah kebiasaan makan, serta olahraga bisa mengurangi gejala. Tetapi sering kali, sembelit kronis bisa menjadi tanda penyakit yang mendasarinya yang jika tidak ditangani tepat waktu bisa mengancam jiwa dalam beberapa kasus.

Dari diabetes, masalah tiroid, gangguan neurologis hingga bahkan kanker, sembelit bisa menjadi salah satu gejala dari salah satu penyakit mematikan ini. Sakit perut bersama dengan sembelit dapat menjadi tanda masalah usus yang umum.

Seperti halnya diare, kram perut, dan gastritis yang sangat umum bahkan pada anak-anak. Berikut daftar penyakit yang bisa ditandai dengan sembelit dilansir dari Hindustan Times, Rabu (1/3/2023).





1. Diabetes



Ketidakmampuan tubuh untuk mengatur kadar glukosa darah dapat menyebabkan banyak komplikasi seperti kerusakan saraf, penyakit jantung, dan hipertensi. Diabetes merusak saraf di perut dan usus yang membatasi kelancaran pergerakan saluran makanan yang menyebabkan rasa sakit dan sembelit. Sembelit dan sakit perut adalah gejala dari kondisi umum ini.

2. Apendisitis



Apendisitis adalah peradangan usus buntu dan biasanya membutuhkan pengangkatan usus buntu sebagai pengobatan. Gejala awal penyakit ini termasuk sakit perut, mual, kehilangan nafsu makan, sembelit, atau diare.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More