Mengenal 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia!

Kamis, 02 Maret 2023 - 09:02 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan serta menggabungkan sejumlah tempat wisata yang dikenal sebagai Lima Destinasi Super Prioritas (5 DSP). Foto/MNC Media
JAKARTA - Kalo ngomongin soal pariwisata Indonesia , pasti kebanyakan orang menganggap Pulau Dewata sebagai primadona. Padahal kenyataannya, Indonesia punya beragam destinasi wisata lain yang memiliki surganya masing-masing dan gak kalah dengan Bali. Berangkat dari sanalah, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan serta menggabungkan sejumlah tempat wisata yang dikenal sebagai Lima Destinasi Super Prioritas (5 DSP).

DSP yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang mencakup Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang. Kelima destinasi ini tersebar di lima provinsi di bagian barat, tengah, sampai dengan timur Indonesia. Supaya kenal lebih dalam, yuk simak ulasan tentang masing-masing Destinasi Super Prioritas tersebut.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Tahukah Anda kalau Danau Toba itu membentang melintasi delapan kabupaten sekaligus? Sungguh luar biasa memang, danau besar ini memiliki luas kurang lebih 1.130 kilometer persegi yang terbentang dari Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat, serta Dairi.

Saat berwisata ke sini, Anda bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti pengalaman ber-kayak, glamping di pinggir danau, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu, kulinernya juga unik dan menggoyang lidah, lho!





2. Borobudur, Jawa Tengah

Nama Borobudur sendiri sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang. Peninggalan sejarah satu ini merupakan bangunan kuno peninggalan agama Buddha terbesar di dunia. Pesona dan kemegahan candi ini akan semakin bersinar ketika matahari terbit. Anda akan berdecak kagum akan keindahan dari magisnya tempat ini.

Apabila Anda berkunjung ke tempat ini bertepatan dengan Hari Raya Waisak, maka beruntunglah Anda. Sebab, candi ini juga menjadi lokasi peringatan hari raya umat Buddha secara nasional dengan kegiatan menerbangkan lampion saat malam hari sebagai salah satu daya tariknya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More