5 Alasan Bunga Edelweis Tidak Boleh Dipetik dari Gunung

Sabtu, 11 Maret 2023 - 15:25 WIB
Ada beberapa alasan bunga edelweis tidak boleh dipetik dari gunung. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak tahu aturan tersebut dan memetik di puncak gunung. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Ada beberapa alasan bunga edelweis tidak boleh dipetik dari gunung. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak tahu aturan tersebut dan memetik saat melihatnya di puncak gunung.

Tentu hal tersebut sangat dilarang mengingat peraturan tersebut ditetap dalam Undang Undang. Pelanggar pun bisa terkena sanksi hukuman jika memetik bunga edelweis .

Berbeda dari lainnya, bunga edelweis memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak yang kagum saat melihat bunga tersebut. Berikut alasan bunga edelweis tidak boleh dipetik dari gunung dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/3/2023).



1. Populasi Menipis





Alasan pertama bunga edelweis tidak boleh dipetik dari gunung adalah karena populasinya yang mulai menipis. Meski dilarang untuk dipetik, nyatanya masih banyak pendaki yang sengaja mengambil tanaman yang dijuluki bunga abadi itu.

Alhasil, populasinya pun semakin berkurang mengingat tanaman ini sudah ditemukan sejak 1819. Karena itu, bunga edelweis dilarang untuk dipetik masyarakat.

2. Mekar Antara April - Agustus



Alasan lainnya bunga edelweis tidak boleh dipetik karena waktu mekarnya yang terbatas. Bunga ini diketahui mekar pada saat waktu musim hujan berakhir. Tanaman itu pun akan mekar pada bulan April hingga Agustus setiap tahunnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More