10 Tes Kesehatan yang Harus Dilakukan Perempuan, Cegah Penyakit Kronis

Kamis, 16 Maret 2023 - 06:00 WIB
Ada 10 tes kesehatan yang harus dilakukan perempuan agar tetap sehat secara fisik maupun emosional serta mencegah penyakit kronis dan penyakit jangka panjang. Foto/Getty Images
JAKARTA - Ada 10 tes kesehatan yang harus dilakukan perempuan agar tetap sehat baik secara fisik maupun emosional. Hal ini sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan hidup apa pun serta mencegah penyakit kronis dan penyakit jangka panjang.

Di sisi lain, perempuan di usia paruh baya cenderung melakukan beberapa hal secara bersamaan hingga menyebabkan stres. Menjadi perempuan dengan bertambahnya usia, peluang menderita beberapa masalah kesehatan pun meningkat.

Tetapi masalah kesehatan ini dapat dihindari dengan lebih memperhatikan kesehatan dan melakukan tes untuk memastikan selalu dalam kesehatan yang baik. Berikut daftar tes kesehatan yang harus dilakukan perempuan dilansir dari Health Site, Kamis (16/3/2023).



1. Pap Smear atau Tes HPV





Pap smear adalah tes yang dapat menentukan perubahan awal di daerah serviks (tahap kanker dan prakanker) dan perempuan harus melakukan tes ini secara teratur mulai dari usia 21 tahun. Setelah itu, Anda harus melakukan tes setiap dua tahun.

Wanita berusia di atas 30 tahun perlu mengikuti tes setiap tiga tahun jika tiga tes berturut-turut menunjukkan hasil normal. Bahkan jika divaksinasi HPV, Anda tidak boleh melupakan pap smear, terutama jika berisiko tinggi terkena kanker serviks.

2. Mammogram



Meskipun risiko kanker payudara lebih tinggi pada perempuan yang secara genetik cenderung pada kondisi tersebut, tapi setiap perempuan harus secara teratur menjalani skrining kanker payudara. American Cancer Society mengatakan bahwa setiap perempuan melakukan mammogram tahunan setelah usia 40 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More