5 Penyakit Serius yang Bisa Berubah Jadi Fatal Bagi Perempuan

Senin, 13 Maret 2023 - 19:36 WIB
loading...
5 Penyakit Serius yang Bisa Berubah Jadi Fatal Bagi Perempuan
Beberapa penyakit serius bisa berubah menjadi fatal bagi perempuan. Penyakit ini rentan terhadap wanita, dimulai dengan gejala yang tidak muncul di awal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit serius bisa berubah menjadi fatal bagi perempuan . Penyakit ini sangat rentan terhadap wanita, dimulai dengan gejala yang tidak muncul di awal.

Beberapa gejala tampak normal, tetapi jika diabaikan atau tidak didiagnosis pada waktu yang tepat, bisa berubah menjadi fatal. Karena itu penting memiliki kesadaran tentang penyakit yang bisa membunuh secara diam-diam ini.

Berikut daftar penyakit serius yang bisa berubah jadi fatal bagi perempuan dilansir dari Health Site, Senin (13/3/2023).


1. Kanker Ovarium


Satu dari 75 perempuan terkena kanker ovarium. Dalam banyak kasus, perempuan bahkan tidak menyadari bahwa mereka menderitanya sampai mengalami gejala yang parah. Tingkat kelangsungan hidup untuk penyakit ini hanya 46 persen. Jika kanker terdeteksi pada tahap selanjutnya, tingkatnya mungkin lebih rendah.

2. Penyakit Jantung


Gejala penyakit jantung yang dihadapi perempuan adalah mual, sesak napas dan kelelahan. Beberapa perempuan berisiko lebih tinggi karena riwayat keluarga kanker dan mereka harus memperhatikan gejalanya sejak dini.


3. Lupus


Lupus adalah penyakit autoimun lain yang dapat mempengaruhi area tubuh mana pun. Gejala lupus yang harus diperhatikan para perempuan adalah ruam di pipi dan hidung, persendian yang tidak nyaman dan lelah, kesulitan bernapas, rambut rontok, ketidaknyamanan perut, dan migrain.

4. Diabetes


Gejala diabetes bisa sangat samar dan sulit dikenali pada waktu yang tepat. Perempuan juga cenderung mengalaminya tetapi kerap tidak menyadarinya. Jadi, penting untuk memperhatikan gejalanya dan melakukan pemeriksaan rutin terutama seiring bertambahnya usia.


5. Penyakit Parkinson


Penyakit neuron motorik adalah penyakit neurologis di mana sel-sel saraf terdegradasi sampai-sampai mereka dihancurkan secara ireversibel. Pasien penyakit ini akan kehilangan semua kapasitas otot dan akhirnya mati seiring perkembangan penyakit.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)