Resep Takjil Bakwan Sayur dan Jagung, Dijamin Enak!

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:43 WIB
Resep takjil bakwan sayur ataupun jagung yang enak kerap dicari jelang Ramadan yang sebentar lagi tiba. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Resep takjil bakwan sayur ataupun jagung yang enak kerap dicari jelang Ramadan yang sebentar lagi tiba. Pasalnya, kudapan satu itu terbilang mudah diolah, rasanya pun bikin nagih. Cocok juga dijadikan takjil saat berbuka puasa.

Sekadar informasi, kehadiran bakwan dalam khazanah kuliner Indonesia memiliki sejarah yang unik. Bakwan adalah istilah yang berasal dari China, yaitu “bak” memiliki arti daging, serta “wan” yang artinya bola. Di negara asalnya, bakwan merupakan makanan berbahan daging dan dibentuk seperti bola.

Terdengar mirip bakso, namun karena ada percampuran budaya dari berbagai daerah di Tanah Air, maka jadilah bakwan seperti yang kita kenal saat ini. Yaitu makanan dengan bahan baku tepung dan sayuran.







Selain itu, bakwan juga memiliki ragam sebutan di berbagai daerah. Bakwan adalah nama yang sering digunakan. Tapi di Jawa Barat, bakwan dikenal dengan sebutan bala-bala. Sementara di Jawa Tengah dan Jawa Timur, umumnya disebut pia-pia.

Bakwan juga disebut ote-ote di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Blitar, dan Gresik. Sedangkan untuk daerah Madiun dan Lumajang, bakwan disebut weci. Lalu di daerah terakhir yaitu Sulawesi, memiliki dua sebutan yakni makao dan kandoang.

Nah, ini dia resep bakwan sayur dan bakwan jagung yang cocok dijadikan takjil berbuka puasa yang akan datang.

Bakwan Jagung

Bahan:

3 buah jagung manis ukuran sedang
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More