Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Jum'at, 17 Maret 2023 - 05:16 WIB
Gorengan menjadi salah satu santapan favorit banyak orang ketika berbuka puasa di bulan Ramadan. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Bolehkah makan gorengan saat buka puasa? Seperti diketahui, gorengan menjadi salah satu santapan favorit banyak orang ketika berbuka puasa di bulan Ramadan. Rasanya yang lezat dan harganya terjangkau membuat gorengan menjadi primadona.

Namun sayangnya gorengan merupakan jajanan yang cukup berisiko untuk kondisi kesehatan. Karenanya, banyak publik yang bertanya-tanya apakah baik berbuka puasa dengan gorengan?

Lantas, dampak seperti apa jika berbuka puasa dengan gorengan? Yuk simak informasinya berikut ini.





Berbuka puasa dengan menu gorengan pada dasarnya tidak dianjurkan. Pasalnya, minyak berlebih yang terkandung dalam makanan tersebut bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh.

Ini sebagaimana diungkap dr. Simran Saini dari Fortis Hospital di New Delhi. Menurutnya, asupan seperti gorengan dan minuman kafein perlu dihindari saat berbuka puasa.

Hal ini lantaran bisa membebani sistem tubuh yang telah menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam.

"Sistem pencernaan dalam keadaan istirahat lebih dari 12 jam sehari, dan ketika dibebani dengan makanan dan minuman berat secara tiba-tiba, itu membuat sistem Anda terbebani. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan menyebabkan gerakan longgar, iritabilitas lambung, atau kembung," jelas dr. Simran, seperti dilansir dari Food NDTV, Kamis (16/3/2023).

Bukan hanya itu, kadar minyak berlebih pada gorengan juga bisa berimbas pada lemak darah pada tubuh dan mengakibatkan kolesterol.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More