PFN Berupaya Tingkatkan Kemampuan Sineas Tanah Air Melalui XR Festival 2023

Jum'at, 17 Maret 2023 - 15:41 WIB
Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dalam menghasilkan karya film yang lebih berkualitas, Perum Produksi Film Negara menggelar XR Festival 2023. / Foto: Thomas Manggalla
JAKARTA - Kecanggihan di dunia digital menjadi keniscayaan di masa sekarang ini. Industri film di Tanah Air pun telah mengeksplorasi kecanggihan teknologi, seperti extended reality.

Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menghasilkan karya film yang lebih berkualitas, Perum Produksi Film Negara (PFN) bersama Broadcast Elements dari Malaysia menggelar XR Festival 2023. Acara ini berlangsung di kantor PFN di Jakarta Timur, Kamis, 16 Maret 2023.

XR Festival 2023 merupakan event yang mengeksplorasi strategi bisnis, teknologi, dan solusi terbaru dalam virtual, augmented, dan extended reality.



Direktur PFN, Tjandra Wibowo menyebutkan bahwa dalam event ini dihadirkan demonstrasi teknologi yang bertujuan pada high-quality immersive productions untuk film/TV dan memperlihatkan potensi teknologi XR dalam meningkatkan proses produksi.



"Adanya demonstrasi teknologi tersebut, peserta dapat terlibat dengan teknologi XR terbaru, belajar dari para ahli terkemuka di industri tersebut, serta menjalin jaringan dengan rekan dan mitra potensial, sehingga bisa mengasah dan mengembangkan peserta mengenai teknologi dalam film," ungkap Tjandra Wibowo di sela pameran XR Festival 2023.

Beberapa demonstrasi industri teknologi XR yang disajikan di antaranya Brompton-LED Process, Keycast AI, Aximmetry Virtual Production, Events and Broadcast Virtual Production, Image Based Tracking, Antilatency - Illumetry VR/AR, serta Tracking.

Koordinator Fungsi Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Hera Zera menyampaikan bahwa XR Festival merupakan hal yang penting dan menjadi batu loncatan untuk pengembangan PFN agar lebih baik lagi terutama dari segi SDM.

"Sejauh ini masalah dan tantangan yang dihadapi yakni pada kualitas SDM, sehingga dorongan dari Kementerian BUMN terutama untuk mencari talenta baru dalam dunia digital di bidang film," ujar Hera Zera.

"Harapannya ini bisa menjadi media atau wadah untuk membangun ekosistem perfilman Indonesia khususnya PFN untuk menjadi motor penggerak dalam industri film ke depannya," lanjutnya.



XR Festival 2023 ini sendiri digelar dengan berfokus pada pengembangan teknik produksi XR, peningkatan keterampilan, dan studi kasus konten yang dipacu oleh cerita.
(nug)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More